Spesialis Bore Up, Hafal Regulasi Balap

bengkel bubut nomor satu

OtomotifZone.com – Purwokerto, Berdiri tiga tahun lalu, tepatnya sekitar tahun 2008, bengkel milik Agus Priyadi ini langsung mendapatkan tempat di hati para mekanik dari berbagai bengkel. Terbukti, mekanik dari berbagai bengkel di Purwokerto dan sekitarnya memilih jasanya untuk membuat part-part yang diinginkannya.

“Pelanggan saya juga ada yang dari Pemalang, Tegal, Jakarta, Riau bahkan Papua,” tutur Agus saat disambangi di bengkelnya beberapa waktu lalu.

Ketepatan ukuran, kemudahan serta kenyamanan saat memesan part yang diinginkan menjadi keunggulan bengkel yang nyelip di Jl Martadireja I Gang Puteran ini. Rupanya, hal ini bukan kemampuan yang didapat Agus dengan serta merta. “Sebelumnya saya bekerja di bengkel khusus bubut Terus Jaya di Cilacap selama sembilan tahun. Setelah itu sejak 1996 saya pindah ke Roma Motor dan sejal tahun 2008 mulai buka sendiri,” tutur pria ramah beranak dua ini.

Selain dari pengalaman selama bekerja di berbagai bengkel, pria yang hobby bermain badminton ini juga tak pernah berpuas diri dengan kemampuan yang sudah didapatnya. “Sampai sekarang saya terus menambah ilmu dari buku-buku teknik dan buku-buku aturan balap,” tutur ayah dari Monelis Widyatama dan Novaldi Romantiyo Pradipta ini.

bengkel bubut dan korterHasil garapan Agus di Priyadi Bubut and Corter

Justru dari pemahamannya tentang regulasi balap untuk berbagai kelas inilah, pelanggannya mengalir dari berbagai daerah. “Biasanya konsumen tinggal bilang untuk kelas apa. Apakah kelas pemula, seeded, drag bike atau bahkan balap liar. Saya akan sesuaikan dengan keinginan mereka,” jelas pria yang tiap hari tidur di Jl Kawungcarang RT3/I Kecamatan Sumbang Banyumas ini.

Spesialisasi utama dari Prijaya adalah bore up mesin. Namun Agus juga mengaku siap membuat barang-barang lain sesuai pesanan konsumennya. Chamsaft, klep racing, kruk as, sampai bikin shock breaker khusus juga dilakoninya. “Nyaris tak ada yang sulit di tempat kami. Yang penting konsumen juga paham apa yang diinginkannya, pasti bisa kami buat,” ujarnya tanpa bermaksud menyombongkan diri.
Untuk menciptakan part-part bermutu, Agus mempersenjatai diri dengan mesin-mesin khusus terbaik yang tingkat kepresisiannya sangat tinggi . Dari¬† mesin drilling, miilling, mesin bubut, mesin korter dan hunning, bor sampai freeze. ”

Agung, punggawa Tengiel’s Speed yang kebetulan Ototek jumpai di bengkel tersebut mengaku selalu puas setiap pulang dari Prijaya. “Tak sekedar tahu apa yang saya pesan, dia juga bisa memberikan saran agar part yang kita pesan memberikan hasil yang optimal,” tutur calon bapak yang¬† mangkal di Gunung Tugel ini. Selain itu, lanjutnya, orangnya juga tidak kaku dan enak diajak bercanda.

Mengenai kebiasaannya bercanda ini, lelaki yang ulang tahun setiap tanggal 1 Agustus ini mengaku hal itu dilakukannya agar tak cepat tua. “Kerja memang harus serius. Terutama kalau berbicara mengenai hasil. Tapi kita juga mesti menikmati pekerjaan kita,” ujarnya berfilosofi. (Penulis & Foto : cb79)