Pro Kontra Larangan Merokok Dalam Mobil

larangan merokok didalam mobilOtomotifZone.com – London. Kabar berhembus dari Inggris tentang adanya larangan merokok didalam mobil beberapa hari ini. Ramai dibicarakan berbagai kalangan dan parlemen Inggris, tentu saja hal ini mengundang pro dan kontra. Tidak semua warga Inggris serta merta setuju dengan peraturan tersebut.

Maka dari itu pemerintahan Inggris sedang mempertimbangkan rencana peraturan ini. Parlemen sangat mendukung aturan ini masuk dalam Undang-Undang Anak dan Keluarga. Dengan berbagai pertimbangan tersebut nantinya Kementerian Kesehatan Inggris melakukan perubahan UU, apabila diketahui pengendara merokok dalam mobil akan diproses secara hokum pidana.

Itulah secara garis besar pembahasan untuk menjawab aksi protes yang dilakukan oleh 700 pakar kesehatan. Pasalnya bahwa paparan perokok pasif adalah penyebab utama gangguan kesehatan pada anak-anak.

Pakar kesehatan berpendapat bahwa hisapan rokok dapat megekspos anak-anak terhadap paparan asap tembakau yang tinggi. Ternyata adanya larangan merokok di mobil yang didalamnya membawa anak-anak sudah ada di Australia, Kanada, Afrika Selatan dan Amerika Serikat.

Menanggapi usulan-usulan diatas Simon Clark selaku direktur kelompok lobi perokok Forest mengungkapkan “Merokok di dalam mobil dengan anak-anak memang tindakan sembrono, tapi ada garis batas di mana negara tidak boleh melampaui, terutama tentang bagaimana orang berperilaku di tempat pribadi,”.

Simon Clark menunjukan penolakan dan mendesak anggota parlemen untuk menolak amandemen UU Anak dan Keluarga. Nah, di Indonesia bagaimana yah…?

Hal ini kembali pada pribadi masing-masing saja, jika peduli dengan kesehatan diri sendiri dan keluarga tentu saja tanpa ada UU seperti itupun pasti tidak ada orang yang merokok didalam mobil, meskipun hanya mengemudi sendirian.

Penulis : uungferi | foto : solusimobil.com