Dakar: Hari ke Enam dibatakal Karena Cuaca

344

OtomotifZone.com – Bandung. Rally Dakar 2017 hari ke enam dibatalkan oleh penyelenggara lomba. Cuaca ekstrim yang sempat terjadi pada tahap lima kemarin menjadi lebih buruk pada malam harinya. Sepanjang stage Rally 800 km dilanda hujan lebat dan banjir.

Pihak penyelenggara menyatakan bahwa kondisi tidak aman untuk terus diselenggarakannya tahap enam.

“Melihat kondisi iklim yang ekstrim dan beberapa pembalap yang di luar area balapan, tidak memungkinkan lomba tetap terselenggarakan untuk tahap enam. Lebih baik para pembalap kembali ke bivak dan mempersiapkan untuk tahap selanjutnya. Maka dengan hal tersebut tahap ke enam Oruro- LA PAZ telah dibatalkan.”

Tahap kemarin pun banyak pembalap yang mengeluh setelah menghadapi lintasan yang sulit, pemenang tahap lima dan peminmpin klasemen umum Sam Sunderland menggigil ketika diwawancari media setelah kemenangannya.

“Kemarin adalah hari yang berat. Meskipun babak kedua dibatalkan, namun masih ada 300 km dalam konsisi hujan dan dingin, dan saya senang untuk membersihkan diri dan beristirahat. Bagian pertama sudah cukup sulit, dengan kacamata yang terisi air membuatnya sulit untuk melihat jarak dan sering sulit menghindari batu di dalam air”, tukas Sunderland.

“Kita harus memperlambat laju kendaraan kita ketika keadaan seperti itu, dan tidak mencoba mengambil resiko. Kita berkendara sepanjang jalur licin di tepi jurang dan itu sangat berat”.

Para pembalap mendapatkan intirahat yang cukup banyak selama dua hari akibat dibatalkannya tahap enam dan libur di hari berikutnya.

Penulis: Budi Kurniawan Foto: motorcyclenews.com