Peduli Pendidikan di Touring ‘T4klukan Ba7asan’

2153

OtomotifZone=Ciamis. Antusias para siswa dan guru terlihat begitu tinggi, ketika rombongan peserta touring etape pertama ‘T4klukan Ba7asan’ jelajah Pulau Jawa bersama Suzuki GSX-S150 tiba di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) LPS 1 Ciamis. Sejak di tepi jalan raya menjelang lokasi, sepanjang gang masuk, hingga pintu gerbang sekolah, para siswa telah membuat pagar manusia. Mereka serentak memberi aplaus dan sorak-sorai, menyambut sejumlah media nasional yang touring menggunakan motor sport 150cc terbaru jagoan Suzuki itu.

Kedatangan rombongan touring yang juga memperingati 47 tahun Suzuki hadir di Indonesia ini, selain tentunya sebagai ajang pembuktian ketangguhan dan performa GSX-S150. Serta bentuk komitmen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di Indonesia. Wujud komitmen tersebut yaitu memberikan bantuan 1 unit motor Skywave 250 dan 1 unit mesin Inazuma 250. Hal ini dilakukan demi mendukung sistem pembelajaran, juga peningkatan ilmu pengetahuan para siswa di bidang otomotif.

Seperti diutarakan Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Dept Head PT SIS, Suzuki sangat bangga bisa hadir di SMK LPS 1 Ciamis, untuk mendonasikan bantuan unit. “Tentunya kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran, juga dapat memicu generasi muda Indonesia untuk terus memperkaya ilmu pengetahuan di bidang otomotif,” ujar Yohan.

Drs. H. Akasah MBA, Ketua Yayasan SMK LPS 1 Ciamis sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Suzuki. Menurutnya kepedulian Suzuki terhadap bidang pendidikan, khususnya untuk para siswa disekolahnya sangatlah positif. “Kami betul-betul berterima kasih atas dukungan yang diberikan Suzuki. Donasi ini akan sangat bermanfaat bagi murid-murid, dalam rangka meningkatkan pengetahuan mengenai industri otomotif,” tukas Akasah. Ia menambahkan, kedepannya pihaknya berharap kerjasama tersebut akan berlangsung secara terus-menerus di masa datang.

SMK LPS 1 Ciamis merupakan salah satu SMK yang telah bekerjasama dengan Suzuki sejak tahun 2008. Berbagai bentuk kegiatan telah dilakukan kedua belah pihak, untuk mendukung peningkatan pengetahuan para siswa terkait perkembangan industri otomotif. Seperti pelatihan keterampilan, penempatan praktek kerja industri, kunjungan industri hingga rekrutmen.

Dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di touring etape pertama ini, rombongan juga mengunjungi SMK Wiworotomo, Purwokerto, Jawa Tengah. Peserta touring pun kembali disambut antusias para siswa dan guru SMK Tertua di Purwokerto tersebut. Pairan ST, Ketua Program Teknik Sepeda Motor SMK Wiworotomo mengatakan, apa yang dilakukan Suzuki sangatlah berguna buat materi pembelajaran anak didiknya.

“Donasi unit motor Suzuki sangat bermanfaat bagi sekolah kami, sebagai penunjang pendidikan dan program belajar mengajar buat para siswa. Adanya kerjasama dengan Suzuki, membangun Kurikulum Teknik Sepeda Motor ‘Suzuki Class’. kami berharap kerjasama ini akan terus berkesinambungan. Untuk kemajuan dunia pendidikan di tanah air,” terangnya.

Naskah : Alun Segoro | Foto : PT SIS