IOX Seulawah Expedition 2 : Trek Bejat Diguyur Hujan Lebat

2182
Peserta IOX Seulawah Expedition 2 2017

OtomotifZone.com – Aceh. Sebanyak 56 unit kendaraan 4 wheel drive dan 26 unit dirt bike menjadi peserta IOX (Indonesia Off-road Xpedition) Seulawah Expedition 2 2017 di Aceh selama 4 hari, Kamis-Minggu (11-14/5). Petualang off-road melintas hutan dan pegunungan ini termasuk kategori ekstrem. Event kedua tahun ini terasa bernuansa militer.

Pelepasan peserta IOX Seulawah Expedition 2 2017

Kepala Staf Kodam Iskandar Muda, Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardien melepas peserta di Lapangan Blang Padang pada Kamis (11/5). “Ekspedisi ini merupakan bagian dari olahraga yang berjiwa pemberani dan menguji nyali. Sama seperti di militer, jika ragu-ragu lebih baik kembali,” sebut Kasdam IM sebelum melepas offroader.

Diantara peserta terlihat berasal dari Bintang Hore Jakarta, ada Heri Thaib, Sigit Permadi dan Moko Karsono dari Pengurus Pusat Indonesia Off-road Federation (PP IOF).

Selain itu, team peserta berasal dari Batam, Asahan, MTC Meulaboh dan Nagan Raya, Endespro Langsa, IOX Perwakilan Bener Meriah, Bireuen, Sigli, Siemeulu serta klub offroad dari Banda Aceh seperti LRCA, IOX, Koetaraja Rescue, D-Cab, AAO, Mau Kemana, YBM, Cahrod Kamo, SPA dan Single Track.

Semua peserta merasakan ganasnya trek selama 4 hari. “Apalagi sejak Kamis diguyur hujan, trek berubah menjadi sangat ganas dan licin. Bahkan di Kabupaten Pidie daerah Padang Tijie sempat membuat kemacetan di jalan nasional akibat hujan lebat dan banjir mengenangi jalan,” ungkap Musni Haffas dari Koetaraja Rescue.

Dengan semangat pantang menyerah, jalur sepanjang  130 km dilalui pantang mundur, termasuk roda dua. “Hanya satu unit dari tim Bener Meriah harus tinggal dalam trek karena kerusakan parah dan harus dievakuasi di lain waktu,” terang Alex, sapaan Musni Haffas.

Ajang ini diadakan IOX Chapter Aceh. Mengusung tagline “We Like to Discover”. Urusan jalur dipercayakan kepada Eko Hariono sebagai master track dibantu Beni & Board, serta Bustaman dan Fredo. Akhirnya semua peserta menuntaskan ekspedisi di Alun-Alun Sigli pada Minggu (14/5) sore disambut Dandim Pidie dan pejabat setempat. Maka tuntaslah sebuah ekspedisi melelahkan.

Penulis : Noverry | Foto : Alex