Radja Tahta Jasa, Seni lukis Di Helm Motocross Asal Jogja

435

OtomotifZone.com-Jogja. Nama Radja Tahta Jasa mencuat semenjak lukisan tangan di helm pembalap motocross Jogja banyak yang order. Lukisan grafis simetris atau gambar berbentuk wajah yang di garap dengan memakai goresan kuas ini terlihat seperti stiker atau cat semprot. Tetapi dilihat dari dekat jelas terlihat garit kuas kecil. Josss…
Mulai dari M. Rasya, Yosua Pattipi, Aldi Lazaroni, Irfan Ardiansyah, Galang Hendra, Hilman Maksum, Aurel Akbariansyah, Ivan Valrossi dkk, sudah di lukis helm tempur, eh helm balapnya.
“Aku baru setahun ini gambar-gambar helm. Sebelumnya saya gambar pada media kertas saja. Baru coba lukis di helm. Itupun helm-helm standar teman-teman komunitas motor Custom. Baru saya coba di motocross pertama kali pada helm M.Rasya. Lalu teman-teman lain juga pengen dibuatkan.” sejarah Radja.

Helm M. Rasya yang pertama kali buat uji coba.

Melukis helm dengan kuas berbeda sekali dengan di kertas atau tembok. Konsentrasi bidang yang di gambar seminimal mungkin jangan sampai terpeleset kuasnya.

Dengan kuas kecilnya Radja mulai melukis.

“Itu aku menyebutnya free hand custom painting mas. Itu pake cat duco yang biasa buat cat mobil sama body motor,” kata Radja yang sudah tak asing buat kalangan pembalap road race, grasstrack, ataupun motocross di seputar Jogja.
Sebelumnya bocah berkacamata ini pernah menjadi pembalap grasstrack dan road race. Ow, pantesan…. Namun memilih berhenti dan lebih mementingkan sekolah. Jiwa seni dalam melukis sudah ada sejak kecil. “2007 sampe 2012an mas aku balap. Aku terakhir road race mp5 dan mp6… Sebelumnya minimoto di grasstrack dulu,” sejarahnya.
Radja mengerjakan lukis helm tidak bisa di buru-buru. Maklum, dia mengerjakan sendiri. Selepas di kuas Radja tetap menyemprotkan clear biar tampak berkilau. “Lama pengerjaan sekitar dua mingguan, soalnya waktu pengerjaan nya cuma sedikit karna masih sekolah juga mas,” kata Radja yang mematok harga mulai 500 ribu. Tergantung model helm mau di cat full atau nggak.


Radja Tahta Jasa (0812-2635-6353)
Jl. Sadewa, Wirobrajan, Jogjakarta

Penulis : Hafid | Foto : Hafid, Radja