Perbandingan Toyota Yaris Terbaru VS Honda Jazz Terbaru

7769
sss

coverOtomotifzone.com – Jepang. All new Toyota Yaris perlahan tapi pasti menancapkan kukunya ke pasar mobil hatchback berkapasitas 1.5L. Berbekal unsur kesegaran produk baru, Toyota Yaris berupaya mengulang prestasi yang mereka dapatkan di tahun 2012, yakni menjadi hatchback terlaris di Indonesia, mengungguli Honda Jazz yang tahun-tahun sebelumnya menjadi raja.

New RC3 Products

Generasi terbaru Toyota Yaris ini kini diproduksi di dalam negeri oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), melalui pabriknya di Toyota Karawang II, Kawasan Industri Internasional karawang setelah sebelumnya diimpor langsung dari Thailand. Perpindahan produksi ini membuat all new Toyota Yaris memiliki konten lokal sebanyak 60%. Target produksinya sebesar 2.000 unit per bulan. “Seluruh persiapan telah sangat matang. Kami akan memproduksi all new Toyota Yaris 1.5L pada akhir bulan Maret 2014 ini,” ungkap Warih Andang Tjahjono, Vice President Director TMMIN.

cover 1

Lokalisasi all new Toyota Yaris sekaligus bertujuan meningkatkan daya saing hatchback ini dari rival sejatinya, yakni Honda Jazz yang telah di CKD di Indonesia. Bahkan kabar dari Honda menyebutkan, all new Honda Jazz akan dirakit di Indonesia. Beragam persiapan telah dilakukan Honda untuk memuluskan rencananya. Termasuk dengan meresmikan pabrik Honda di Karawang, beberapa waktu silam.

Rivalitas antara Jazz dan Yaris memang tidak bisa dihindari. Meskipun banyak hatchback lain yang hadir di segmen yang sama, pertarungan Yaris dan Jazz dapat menyisihkan hatchback-hatchback lain dari pandangan mata konsumen di segmen tersebut. Nah, kini persaingan antara keduanya memasuki tahun kedelapan dan semakin seru. Apalagi dari segi fitur, kedua hatchback ini memiliki kesamaan. Fitur keselamatan misalnya. Toyota Yaris telah dilengkapi dengan dual airbags, rem berfitur ABS, EBD dan BA. Sementara Honda Jazz terbaru juga dilengkapi fitur serupa, minus Brake Assist. Begitu pula fitur hiburan (audio), dan keamanan.

Menurut kami, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan guna menjadi pemenang di kelas ini. Pertama adalah dimensi yang berimbas pada kenyamanan berkendara (ruang kaki dan kepala). Faktor kedua adalah kekuatan mesin.Pasar ini sangat diminati oleh konsumen muda. Karena itu, performa puncak juga dijadikan tolok ukur. Faktor ketiga adalah konsumsi bahan bakar.

Dimensi

Toyota Yaris terbaru, bukanlah Yaris lama yang kecil dimensinya. Toyota Yaris terbaru bahkan lebih luas dari Honda Jazz generasi terbaru yang akan masuk ke Indonesia pertengahan tahun ini.Toyota Yaris terbaru memiliki panjang 4.115 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.475 mm. Honda Jazz terbaru memiliki dimensi (panjang x lebar x tinggi) 3.955 mm x 1.695 mm x 1.525 mm. Dari dimensi, Toyota Yaris menang dari Honda Jazz. Perbandingannya bisa Anda simak di dalam tabel di bawah ini.

Dimensi Toyota Yaris Honda Jazz
Overall Panjang / Length 4.115 mm 3955 mm
Overall Lebar / Width 1.700 mm 1695 mm
Overall Tinggi / Height 1.475 mm 1.525 mm
Jarak Poros Roda / Wheelbase 2.550 mm 2.530 mm
Jarak Pijak / Tread (Depan/Front) 1.470 mm 1.480 mm
Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear) 1.460 mm 1.470 mm
Jarak Terendah / Ground Clearance 149 mm 135 mm
Radius Putar / Turning Radius 4.9 m
Berat Kosong / Curb Weight 1030-1045 kg 1050 kg

Tenaga dan Torsi

Jika kita lihat dari mesinnya, Toyota Yaris bermesin 1 NZ-FE berkapasitas 1.497 cc lebih besar dari Honda Jazz terbaru bermesin L15B berkapasitas 1.496 cc. Meski demikian, Toyota Yaris terbaru kalah bertenaga dari Honda Jazz terbaru (132 ps berbanding 109 ps).

Jika kita lihat perbandingan torsinya, mesin Honda Jazz terbaru menghasilkan torsi 154,8 Nm pada 4.800 rpm. Torehan ini lebih superior dari milik Toyota Yaris terbaru, yakni 141 Nm.
Perbandingan tipe mesin, kapasitas mesin, hingga tenaga dan torsi puncak bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Mesin Toyota Yaris Honda Jazz
Seri Mesin / Machine Serial 1 NZ – FE L15B
Tipe Mesin / Engine Type IL 4 Cyl 16 V DOHC VVT-i 4 Cyl DOHC i-VTEC
Isi Silinder / Displacement (cc) 1.497 cc 1.496 cc
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm) 75.0 x 84.7 73.0 x 89.4
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm) 109/6.000 132/6.600
Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm) 141 Nm/4.200 154,8 Nm/4.800
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System EFI PGM-FI
Bahan Bakar / Fuel Bensin Bensin

Konsumsi Bahan Bakar

Sayang kami belum menguji konsumsi bahan bakar kedua mobil ini. Namun, proyeksi kami, besaran kapasitas mesin yang tidak jauh berbeda, ditopang bobot yang juga tidak jauh berbeda, maka konsumsi bahan bakarnya juga tidak akan jauh berbeda. Siapa pemenangnya? Untuk sementara skor keduanya berimbang. Yaris unggul di dimensi, sementara Honda Jazz unggul pada tenaga dan torsi mesin. Anda harus bersabar menunggu review kami yang lebih lengkap terkait konsumsi bahan bakar kedua hatchback menawan ini, sekaligus menentukan siapa sesungguhnya pemilik tahta  di segmen hatchback paling populer di Indonesia.

Penulis : Donni Ditya   |   Foto :   Istimewa