Aldo Drudi : Pelukis Helm MotoGP

4361
Mendesain helm Valentino Rossi sejak 1996 di Gp125cc
sss
Mendesain helm Valentino Rossi sejak 1996 di Gp125cc
Desainer helm Valentino Rossi sejak 1996 di Gp125cc

OtomotifZone.com – Italia. Ada Logo bertuliskan Drudi Performance di samping helm Kevin Schwatz, Mick Doohan, Valentino Rossi, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Colin Edwards, Ben Spies sampai (alm.) Marco Simoncelli dan masih banyak lag . Nama apakah ini? Dari sekian banyak desainer MotoGP yang terkenal salah satunya adalah Aldo Drudi. Tukang desainer helm yang mempunyai label tersebut. Desainer asal Italia ini sudah 30-an tahun bermain desain grafis pembalap-pembalap dari berbagai negara. seperti apa awal kariernya ?

New RC3 Products

“Pada awal 80-an saya mulai beberapa helm untuk pembalap Morbidelli dan pada tahun 1982 saya membuat satu helm untuk Graziano Rossi (Ayah Valentino Rossi) yang disponsori oleh saudara saya, dan sejak itu saya mulai melambungkan nama di arena balap motor,” awal ceritanya.

Project awal Helm Grazziano Rossi
Project awal Helm Grazziano Rossi

Sebelumnya dia adalah seorang pelajar disekolah seni. Dia keluar setelah menekuni pekerjaanya. “Aku keluar dari sekolah seni, setelah merancang helm Graziano Rossi lalu aku mulai berangkat berpetualangan.” Drudi memulai go internasional setelah merancang helm untuk Kevin Schwantz. Lalu memulai bekerja dengan berbagai produsen helm. “Tetapi waktu itu hanya dengan Arai saya punya koleksi tiap ser,” ucapnya.

Aldo Drudi adalah desainer yang bisa membaca keadaan psikologi setiap pembalap. Karakter yang ia lukis di helm yang ia buat mencerminkan jati diri masing-masing pembalap. Helm Dani Pedrosa dan Ben Spies  yang pendiam ia buat elegan, sedang mewakili pembalap muda atau dengan gaya yang konyol seperti Valentino Rossi ia buat dengan warna-warna nyentrik.

Desain disesuaikan dengan karakter pembalap.
Desain disesuaikan dengan karakter pembalap.

Semua koleksinya tentu ada hal yang paling berkesan dalam pembuatannya. “Memori yang paling menakutkan mengenai lelang helm Marco Simoncelli. Begitu bel pintu berdering, semua berkeringat dan helmnya seperti masih menyala,” kagetnya dengan banyaknya orang-orang yang akan membeli helm AGV milik mendiang Marco Simoncelli.

Helm bergambar wajah Vale saat MotoGP Mugello 2008.
Helm bergambar wajah Vale saat MotoGP Mugello 2008.

Lalu yang paling sering disorot tentu saja  helm Valentino Rossi. Di semua varian termasuk edisi khusus setiap tahun debutnya di Mugello dan Misano. Desainnya telah menjadi salah satu aksesoris yang paling ikonik dan populer dari balap motor. “Helm untuk Valentino di Mugello pada tahun 2008, yaitu dengan wajahnya tercetak di atasnya. Sebelum kita sampai ide itu, kami berbicara sampai esok hari tanpa berfikir apa-apa,” tutupnya.

Ternyata menjadi orang sukses seperti Aldo Drudi tak harus sekolah tinggi-tinggi. Asal ada kreatifitas dan kemauan. Man Jadda Wa Jadda….

Penulis : Hafid | Foto : Istimewa