Sirkuit Sabaru Palangka Raya Siap Gelar Final IndoPrix Dan Go kart

5738
Sirkuit Sabaru Palangkaraya Kalteng
sss
Sirkuit Sabaru Palangkaraya Kalteng
Sirkuit Sabaru Palangkaraya Kalteng

OtomotifZone.com-Palangka Raya. Dihampir penghujung 2014 OZ kembali mendapat kesempatan untuk menyaksikan gelaran eksibisi Go Kart yang digagas MBG racing di sirkuit Sabaru Palangka Raya Kalteng (13-14/Desember) sekaligus menjadi ajang penutupan Kejurda  Balap Motor IMI Kalteng yang juga digelar oleh MBG Racing Barito Utara menggandeng Club lainnya berlangsung sukses tentunya…

New RC3 Products

Bukan Suksesnya event yang dibahas tentunya, tapi OZ mempunyai kewajiban untuk memberi informasi yang mudah-mudahan bisa membuka mata otomotif Nasional tentang keberadaan sirkuit Sabaru ini. Sebelum acara eksibisi gokart digelar dan latihan resmi untuk balap motorpun digelar, OZ dengan motor pinjaman panitia mencoba mengelilingi sirkuit sepanjang kurang lebih 1.700 meter ini.

Layout Sirkuit Sabaru Palangkaraya Kalteng
Layout Sirkuit Sabaru Palangkaraya Kalteng

Sirkuit yang berkarakter hi-speed ditiap tikungan sangatlah ideal bagi pembalap kelas regional dan nasional harus merasakan hebat dan menantangnya sirkuit yang diresmikan bulan mei 2006. sirkuit yang mempunyai track lurus sepanjang 400 meter dan 8 tikungan dengan karakter hi-speed corner dipastikan gelaran event balap motor dan go kart sangatlah ramai dan menantang dan layak bisa digelar event skala nasional sekalipun dan sekelas IndoPrix dan Go Kart sirkuit ini bisa digelar di sirkuit yang hanya ditempuh lebih kurang 20 menit dari Bandara Tjilik Riwut dan tengah kota Palangka Raya. Dengan lebar track di garis start 12 meter dan lintasan lainnya mempunya lebar 6 meter yang ada sekarang sudah diuji coba oleh 2 pegokart nasional asal Kalimantan Tengah Ananda Julio Prost dan Agi Borneo mampu tembus diwaktu 58 detik.

ketua pengprov IMI Kalteng, Andrey L Narang
ketua pengprov IMI Kalteng, Andrey L Narang

“kami sangat berharap agar sirkuit Sabaru sirkuit  kebanggaan Kalteng dan Palangka Raya bisa menggelar event kejurnas, OMR, Indo Prix dan Gokart kedepannya, awal pebruari kita akan melakukan pelebaran seluruh sirkuit menjadi 8 meter di seluruh lintasan dan 12 meter di lintasan start finish. Turunnya anggaran 5 Milyard dari pemerintah Daerah harus kita maksimalkan penggunaan agar sirkuit ini menjadi semakin layak dan diperhitungkan bagi para promotor untuk menggelar event nasional, kami juga akan membuat hospitality sekelas Sentul sehingga seluruh kegiatan yang berhubungan dengan kelancaran penyelenggaran seperti  pressroom dan dan ruang presscon ruang kerja Panitia, juri, sponsor dan segala aktifitas penyelenggaraan, dimana fasilitas yang ada sekarang adalah dimilikinya tribun permanen untuk penonton serta lahan parkir yang mampu memuat diatas 500 mobil dan ribuan motor serta lahan terbentang luas untuk pengembangan lainnya, semoga diakhir seri IndoPrix dan kegiatan Gokart bisa digelar di sirkuit ini” harap Andrey L Narang sang ketua Pengprov IMI Kalteng.

Gosssip punya cerita kenapa sirkuit ini begitu menantang untuk digeber pembalap, ternyata oh ternyata layoutnya dibikin oleh sang maestro balap Internasional sekelas Bambang Gunardi lho.. makanya hanya tinggal butuh polesan sedikit sirkuit ini pasti semakin joss dan berkualitas…

Umbrella Girl dan latar belakang sirkuit yang ciamik
Umbrella Girl dan latar belakang sirkuit yang ciamik

“ini adalah harapan kami sebagai pelaku otomotif Kalteng, Sirkuit Sabaru yang berdirinya justru lebih dahulu dari sirkuit Binuang Kalsel harus menjadi barometer sirkuit rujukan yang terbaik di Kalimantan dan tidak menutup kemungkinan menjadi sirkuit terbaik Nasional, kualitas aspal yang sama dengan sirkuit Sepang mungkin sudah susah dijumpai lho, dengan segala kelebihan ini dan akan dilakukan beberapa pembenahan kedepan kami optimis kami mampu menggelar event nasional sekalipun, apalagi pembalap gokart nasional sudah menjajal dan puas dengan sirkuit ini, ini adalah nilai point kami dan kami semakin semangat untuk mengusung sirkuit Sabaru menjadi sirkuit idola promotor dan pembalap nasional” harapan Hendra Albert Tambang sang Kabid Olahraga R2  pengprov IMI Kalteng yang di event kemaren menjadi Ketua Juri dan diamini  M.Hasbi As selaku COC.

Hendra Tambang bersama Team MBG Racing
Hendra Tambang bersama Team MBG Racing
M. hasbi A.s pemimpin Lomba Final kejurda balap motor dan eskibisi Gokart
M. hasbi A.s pemimpin Lomba Final kejurda balap motor dan eskibisi Gokart
Pintu Gerbang masuk sirkuit Sabaru
Pintu Gerbang masuk sirkuit Sabaru

Hal senada juga didapat dari mekanik jempolan asal Jogja, sekelas Pak Dhe Heru Kate dan Mas Gendut dari rumah produksi Gendut Racing Jogja juga memberi dukungan penuh kalau sirkuit Sabaru memang layak menggelar event IndoPrix lho, kedua mekanik Top nasional malah membandingkan sirkuit yang pernah menggelar IP dan menjadi Balap Ludruk. “Sirkuit ini pas banget untuk balap, untuk seting mesin dan kaki-kaki juga sangat ideal lho masbrooo, makanya saya dukung kalau Pengprov IMI Kalteng akan menggelar IP di sini” dukung Pakdhe Heru Kate dan Mas Gendut.

Agustin Teras Narang Gubernur kalimantan Tengah mencoba Dahsyatnya sirkuit Sabaru dengan geber Gokart
Agustin Teras Narang Gubernur kalimantan Tengah mencoba Dahsyatnya sirkuit Sabaru dengan geber Gokart

Tidak  berlebihan memang kalau Sabaru layak, lokasi yang tidak menguras tenaga karena hanya membutuhkan waktu dibawah 30 menit baik dari Bandara maupun hotel dan lokasipun berada dikota Palangka Raya yang merupakan ibu Kota Provinsi Kalteng.. so…masih ada ada keraguan tentang sirkuit Sabaru…??? salah besar deh brooo kalau Kalimantan Tengah tidak mampu.

Semakin  banyak sirkuit layak dan tersebar semakin banyak juga bibit-bibit baru tumbuh……

penulis : Edi Batrawan | Photo : Edi Batrawan