First Drive Honda HR-V 1.8 Prestige: Jago Disegala Medan

3050
Honda HR-V 1.8L Taklukkan Pasir Berbisik Gunung Bromo
sss
Honda HR-V 1.8L Taklukkan Pasir Berbisik Gunung Bromo
Honda HR-V 1.8L mampu taklukkan Pasir Berbisik Gunung Bromo

OtomotifZone.com – Bromo, Probolinggo. Saat OtomotifZone (OZ) mendapat undangan test drive Crossover Utility Vehicle (CUV) terbaru Honda HR-V dari PT Honda Prospect Motor (HPM), kesempatan emas itu tidak disia-siakan lagi. Lewat event bertajuk Honda HR-V ‘The Daring Achiever‘ Media Test Drive ke Gunung Bromo, HPM Bersama Diler Utama mobil Honda wilayah Jatim, Bali dan Nusra, Honda Surabaya Center (HSC) memberikan 2 tipe mobil, yaitu Honda HR-V 1.8L Prestige dan Honda HR-V 1.5L.

New RC3 Products

Tipe HR-V Prestige menjadi pilihan petama OZ. Dari tampilannya, memang cukup menggoda. Sisi eksterior, sorot lampu HID yang dipercantik LED Daytime Running Light mampu memikat OZ. Sedangkan dari interior, kesan mewah benar-benar terasa. Tombol audio pada setir, serta audio dengan layar sentuh yang mengakomodasi berbagai format musik dan film juga mirroring dari smartphone tersedia untuk memanjakan pengendara.

Eksterior dilengkapi fitur-fitur canggih
Eksterior dilengkapi fitur-fitur canggih

Saat OZ berada di belakang kemudi, fitur-fitur pada Honda HR-V Prestige membuat decak kagum. Seperti melepas rem tangan, cukup menekan tombol pada konsol tengah. Selain itu untuk menyalakan dan mematikan mesin tinggal pencet tombol engine start/stop layaknya mobil balap.

Panoramic Sunroof memberikan sensasi berkendara yang berbeda
Panoramic Sunroof memberikan sensasi berkendara yang berbeda

Fitur unggulan yakni panoramic sunroof turut OZ coba. Sensasi yang didapat benar-benar mengasikkan, pandangan keatas jadi lebih bebas dan sejuknya udara pegunungan dapat dirasakan. Bahkan suara dari luar tidak begitu signifikan mengganggu didalam kabin. Ac pun bekerja maksimal, sehingga suhu di dalam kabin benar-benar terasa dingin meski belum dilengkapi kaca film untuk meredam panasnya udara luar.

a
Tombol Parking  dan tombol Brake Hold didesain lebih mudah digunakan. AC lebih maksimal

Berkendara di daerah pegunungan dengan jalan tanjakan dan berkelok bukan menjadi masalah besar buat Honda HR-V dengan mesin SOHC 1.8 liter 4 silinder i-VTEC bertenaga 139 Dk. Meski bertransmisi CVT namun terasa lembut dan nihil hentakan, mobil tetap responsif diajak berpetualang.

padle shifter
Stir layaknya pada mobil F1

Penasaran dengan tuas transmisi posisi S dengan padle shifter, OZ pun mencobanya. Waaww.. akselarasi spontannya bagai mengendarai F1. Kita dapat menggunakan gigi perseneling sesuai kebutuhan, sampai meraih rpm yang kita inginkan tanpa harus takut berpindah gigi.

Beragamnya jalan pegunungan seperti jalan berbatu, tanjakan dan turunan tetap membuat Honda HR-V nyaman dikendarai. Ini tentu karena ground clereance yang tinggi, sehingga tidak perlu khawatir mentok.

Namun, pada sektor peredam kejut terasa sedikit keras, tapi ini memang sudah didesain agar Honda HR-V tetap stabil saat dikemudikan dimedan ekstrim.

Taklukkan Pasir Berbisik

Honda HR-V Prestige tetap mudah dikendalikan saat melibas lautan pasir
Honda HR-V Prestige tetap mudah dikendalikan saat melibas lautan pasir

Setelah puas menjajal dimedan aspal, jaln berlubang, berkelok, yang dihiasi tanjakan dan turunan, kini saatnya OZ mencoba menaklukkan Pasir Berbisik (Lautan Pasir Gunung Bromo).

Selama ini, lautan pasir Gunung Bromo identik hanya dapat ditaklukkan mobil berpenggerak 4WD. OZ pun menerima tantangan untuk menjajal secara langsung handling dari Honda HR-V.

Benar saja, saat lepas garis start Honda HR-V Prestige langsung dengan mudahnya ngacir. Hal ini karena Motion Adaptive EPS + Vehicle Stability Assist bekerja dengan baik. Alhasil laju HR-V tetap dapat dengan mudah dikontrol meski berjalan diatas medan berpasir.

Saat harus melibas jalan pasir berbukit dengan tanjakan dan turunan sedikit berbatu, HR-V Prestige yang dilengkapi Hill Start Assist serta Brake Hold mampu mengontrol mobil dengan sempurna. Alhasil tidak didapat gejala selip.

Tidak hanya itu, saat melaju dengan kecepatan tinggi dilintasan lurus dengan variasi berkelok, HR-V Prestige tetap pada jalurnya. Sehingga OZ mampu menyentuh garis finish dengan aman.

Honda HR-V 1.8L Prestige benar-benar tangguh disemua medan.

Penulis: Hendra Sonie |Foto: HS