Mobil Pertama Yamaha Siap Diluncurkan 2019

2148
Mobil Pertama Yamah yang akan diluncurkan 2019
sss
Mobil Pertama Yamah yang akan diluncurkan 2019
Mobil Pertama Yamah yang akan diluncurkan 2019

OtomotifZone.com – Tokyo. Akhirnya setelah namanya cukup dikenal di industri roda dua, Yamaha ingin mengembangkan sayapnya dan bersaing di industri roda empat.
Presiden Yamaha Motor Company Hiroyuki Yanagi mengatakan, mobil besutannya mulai dipasarkan di Eropa pada 2019.

New RC3 Products

Mobil ala pabrikan berlambang garpu tala itu sendiri akan masuk di kelas mobil kompak yang dikemas dengan mesin elektrik dan bensin. Jika sesuai dengan purwarupa yang dipamerkan, mobil Yamaha bakal bersaing dengan Smart.

Mobil Yamaha akan berhadapan langsung dengan Smart
Mobil Yamaha akan berhadapan langsung dengan Smart

Selama ini Yamaha bukan tak punya pengalaman di roda empat. Pabrikan sepeda motor asal Jepang itu pernah menyuplai lebih dari tiga juta unit mesin ke Toyota. Di mana, semuanya dibenamkan pada sejumlah model termasuk yang diproduksi di bawah merek Lexus.

Saat ini, sebanyak 3,6 persen saham Yamaha dimiliki oleh Toyota. Yamaha pun telah mengembangkan mesin SHO V6 untuk Ford dan mesin V8 4,4 liter pesanan Volvo, yang kemudian ditingkatkan menjadi 5,0 liter untuk menopang produksi Volvo S60S.

Sementara itu, belum ada informasi mobil jenis apa yang bakal dilepas Yamaha untuk pertama kali di pasar Eropa. Di gelaran Tokyo Motor Show 2013, produsen motor sport R-Series itu memamerkan sebuah mobil purwarupa berpintu dua.

Penulis: Bimo Seno | Foto: dok OZ