Upgrade CVT Yamaha NMAX, Bikin Kenceng Tanpa Bore Up

59158
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Otozoner, gak sedikit pengguna Yamaha NMAX ingin meningkatkan performa motor namun ogah melakukan bore up mesin. Solusinya, bisa ditingkatkan melalui kinerja CVT. “Hasilnya performa motor bisa meningkat kurang lebih 30 persen dari biasanya dan tetap hemat bahan bakar,” buka Andre ‘Arab’, Pemilik sekaligus Mekanik Star Jaya Motor Bandung.

New RC3 Products

“Biaya yang dikeluarkan pastinya lebih hemat dibandingkan bore up mesin. Upgrade beberapa parts di bagian CVT cocok untuk meningkatkan performa bagi motor harian. Seperti mengganti Roller, Per CVT, Per Kampas Ganda, dan Ring Pulley,” sambungnya.

Upgrade beberapa parts di bagian CVT
Upgrade beberapa parts di bagian CVT

Langkah awal yang dilakukan mengganti 1 (satu) satu set roller bawaan Yamaha NMAX berukuran 13 gram dengan yang lebih ringan, Arab mengandalkan 1 set roller dari Xeon RC berbobot 8 gram. Selanjutnya ganti per CVT Yamaha NMAX dengan per CVT Orisinil dari Honda PCX. Ini membuat tarikan awal mesin akan lebih enteng.

Untuk mengakali agar teriakan di putaran bawah semakin joss, pasang ring tambahan di pulley depan menggunakan Ring Pulley orisinil dari Yamaha Mio J. Perlu diketahui, aslinya Yamaha NMAX tidak menggunakan ring.

Masih ada lagi yang harus diganti Otozoner, per kampas ganda NMAX bisa ganti dengan per kampas ganda Yamaha Mio J tujuannya supaya proses transfer tenaga mesin lebih maksimal. “Per kampas ganda jangan kekerasan, sesuaikan dengan kebutuhan bisa pakai yang 1500 rpm. Pilihan lainnya terdiri dari 1000 rpm, 1500 rpm, dan 2000 rpm,” kata Arab.

Supaya makin bertenaga, rubah derajat rumah roller dengan cara dibubut agar putaran atas tidak loyo. Nah bakalan ajib tuh Yamaha NMAX kalian tanpa perlu bore up motor jadi kenceng dan tetap aman dipake harian bareng pasangan. Hehehe. Untuk info lebih lengkap langsung datang aja ke Star Jaya Motor Bandung di Jl. Sukagalih No. 11 Sukajadi Bandung, atau menghubungi 081224350001 (Andre ‘Arab’).

Penulis : Indra Gunawan | Foto : Indra Gunawan