Snapshoot: Toyota Tes Pesaing Honda HR-V di Sirkuit Nurburgring

2409
sss

OtomotifZone.com – Nurburgring. Usai memamerkan mobil konsepnya di ajang Paris Motor Swoh 2014 lalu, Toyota langsung mengerjakan proyek produksi crossover kompak C-HR. Mobil yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing Honda HR-V dan Nissan Juke itu tengah diuji secara intensif termasuk menggebernya di sirkuit Nurburgring, Jerman.

New RC3 Products

Seperti diberitakan Autoevolution, Sabtu (14/11),  uji coba C-HR di sirkuit ternama itu berhasil diabadikan oleh Paparazzi(fotografer mata-mata). Memang, Tim Toyota membalut seluruh bodi mobil dengan selubung penyamaran, sehingga sulit untuk dikenali.

Namun, bila diperhatikan dengan cermat dan berkali-kali, mobil itu jelas C-HR. Saksi mata menyebut, Toyota C-HR yang menggunakan platform anyar, Toyota New Generation Architecture (TNGA).
Konsep arstektur ini berpengaruh kepada gaya desain mobil yang khas. 

Atap bagian belakang misalnya, terlihat landai. Begitu pun dengan bagian kap mesin. Sedangkan fender terlihat ramping. Sedangkan sumber tenaganya, disebut-sebut menggunakan teknologi hybrid yakni perpaduan antara mesin bensin berkapasitas 1.200 cc dengan sebuah motor listrik dan diimbuhi turbocharger. 

 

Toyota C-HR concept saat dipamerkan di Frankfurt Auto Show 2015
 
Untuk menyalurkan tenaga ke roda digunakan transmisi otomatis CVT enam tingkat percepatan. Sejumlah sumber menyebut, crossover anyar Toyota itu bakal diluncurkan di Geneva Motor Show yang berlangsung Maret 2016. 

Sedangkan penjualannya dimulai dua bulan setelahnya, atau bulan Mei. 

Penulis: Bimo Seno | Foto: performancedrive