Efek Pasang Turbojet Accelerator

3236
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Kata turbo sudah sangat tidak asing di telinga para penggemar hobi otomotif, jika berbicara Turbo sudah pasti identik dengan hal-hal berbau high-power, saking identiknya bahkan kata Turbo dimuat didunia film animasi, ituloh si Keong yang dapat mengalahkan mobil F1. Nah, gimana caranya keong yang lambat bisa ngalahin mobil F1, setelah diusut dengan menonton filmnya ternyata doi pake turbo.

New RC3 Products

Pada dasarnya pemasangan turbo pada engine kendaraan adalah solusi dari masalah kecilnya efisiensi volumetric yang terjadi pada engine. Engine pada kendaran biasanya hanya menggunakan system induksi udara Naturally Aspirated Engine yang hanya memanfaatkan perbedaan tekanan atmosfir untuk input udara ke dalam silinder engine.

Perlu kita ketahui bahwasannya dengan hanya mengandalkan perbedaan tekanan efisiensi volumetric udara masih kurang untuk mendapatkan efisiensi volumetric yang tinggi. mengapa hal itu bisa terjadi, secara teoritis bisa kita simulasikan apabila engine motor memiliki spesifikasi 150 cc dengan natural aspirated engine pada saat proses hisapan piston belum tentu induksi udara yang masuk kedalam silinder sama 150 cc kemungkinan besar jauh dari angka 150 cc, itu dikarenakan berbagai factor yang menghambatnya seperti jarak leher intake manifold, ukuran diameter intake manifold, diameter klep, return spring klep dan ditambah lagi hanya mengandalkan perbedaan tekanan alami saja sehingga efisiensi volumetric pada engine kurang maksimal.

Untuk mendapatkan efisiensi induksi udara yang lebih baik insinyur Swiss Alfred Buchi mengenalkan teknologi Turbocharger. Cara kerja turbocharger yaitu memanfaatkan blower untuk memaksa memompa udara masuk kedalam silinder dengan memanfaatkan tekanan gas buang.

Seiring perkembangan jaman hadir proxima turbojet accelerator yang cara kerjanya hampir mirip dengan turbocharger akan tetapi putaran blower diakibatkan oleh hisapan piston. Memasang komponen ini sangat mudah hanya ditempelkan diantara throttle body dengan air filter.

Hal yang perlu diperhatikan arah panah di Proxima turbojet mengarah ke throttle body dan dipastikan tidak boleh ada kebocoran.

OtomotifZone sempat berincang-bincang di stand IIMS tanggal 17 April 2016 lalu penggunaan proxima ini bisa meningkatkan increase acceleration 5 % dan power 5 %, waw kenaikan yang cukup lumayan tinggi. Perlu diketahui produk proxima ini tersedia untuk sepeda motor dan mobil.

Penulis : Jody Rusli | Foto : Jody Rusli