Tips: Bikin Bearing Roda Sepeda Motor Lebih Lancar

1282
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Bearing merupakan sebuah elemen mesin yang fungsinya untuk mengurangi gesekan antara dua benda yang bergerak relatif satu sama lain dan sebagai tumpuan dari benda yang berputar. Benda ini sering kita jumpai disebuah roda motor dan mobil.

New RC3 Products

Bila kita bahas sedikit mengenai sejarahnya, konsep bearing ini pertama kali dibuat dari bahan kayu. Bahan bearing yang terbuat dari kayu ini masih belum sempurna karena tidak memiliki ketahanan yang baik, lalu pada tahun 1500, Leonardo da Vinci terlihat menggunakan ball bearing dalam gambar rancangan sebuah helicopter, sampai saat ini teknologi bearing terus dikembangkan agar memiliki gaya gesek yang minim dan tahan terhadap beban.

Pengembangan teknologi bearing sudah sangat pesat, mulai dari perbaikan konstruksi, penggantian bahan dasar bearing dan belum lama ini telah diproduksi pelumas khusus bearing agar kinerja bearing bisa lebih optimal.

Salah satu produk pelumas yang sudah OtomotifZone coba yaitu REXCO 50 Multi Purpose Lubricant. Sesuai dengan labelnya pelumas rexco ini memiliki banyak fungsi yaitu melonggarkan bagian yang berkarat, melindungi dari karat, menghilangkan kelembapan, menghilangkan bunyi derit, mengurangi kerusakan yang diakibatkan gesekan dan membersihkan. Portal ini menguji cobakan REXCO pada bearing roda dengan kode 6002 tipe Hi-Speed merek IBC dan NSK.

Hasilnya secara empiris kedua bearing lebih lancar tanpa hambatan ketika berputar, tentunya loss power engine pun bisa di minimalisir dan bahan bakar bisa lebih hemat karena hambatan mekanis yang diakibatkan gesekan bearing semakin minim.

Penulis : Jody Rusli | Foto : Jody Rusli