Tow Bar di Mobil Harian: Satukan Aksi Dengan Fungsi

1822
sss

OtomotifZone.com – Jakarta. Jika memiliki jip, trailer, caravan atau horse box mungkin Anda akan membutuhkan tow bar di buritan untuk membantu menderek mobil lain. Bagaimana jika punya mobil harian tapi mau dipakai juga buat narik beban? Ya pasang tow bar! Sekarang sudah menjadi trend. Yang penting jangan sekedar aksi, harus tau fungsi, jenis dan kekuatannya.

New RC3 Products

Sekedar diketahui, tow bar adalah satu dari berbagai jenis perlengkapan menderek. “Ada dua jenis tow bar paling umum digunakan yaitu triangular shaped system dan tow hitch system,” jelas Joko dari Jk Motorsport, spesialis tow bar dan bemper yang mangkal di Jalan Garuda No.1, Kemayoran Jakarta.

Diterangkan Joko, triangular shaped system disambungkan pada bagian belakang mobil penderek dan pada bagian depan mobil yang diderek. Sedangkan tow hitch system merupakan jenis tow bar yang disambungkan di belakang mobil agar bisa digunakan untuk menderek trailer atau berbagai jenis kendaraan lainnya.

Nah, jika mau pasang pada mobil harian, berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan jika membeli tow bar. Pertama, ketahui dulu berat yang bisa diderek oleh mobil Anda?

“Biasanya produsen mobil pasti akan menyertakan kapasitas menderek mobil Anda. Pastikan bahwa tow bar yang akan dibeli mampu ditahan oleh mobil. Batas minimal yang mampu diderek oleh mobil Anda merupakan berat aman. Namun, harus berhati-hati dalam menentukan berat aman yang harus diterapkan,” ulas Jk, sapaan Joko yang kini banyak menerima order pemasangan untuk mobil harian seperti jenis MPV, SUV, D-Cab dan Pick-up.

Kebanyakan ahli derek menyarankan untuk tidak menderek benda dengan berat melebihi 85% kendaraan Anda. Selain itu juga harus tepat memilih jenis tow bar yang akan dipasang. Jk Motorsport menyediakan pilihan.

Berikutnya, perhatikan kualitas tow bar. Ada banyak sekali produsen tow bar di pasaran, beberapa diantaranya memiliki desain dan konstruksi yang cukup bagus. Jika Anda menginginkan tow bar yang berkualitas, jangan ragu untuk mengeluarkan dana lebih. Peralatan yang berkualitas akan memberikan lebih banyak keuntungan seperti tahan lama dan performa prima.

“Kebanyakan tow bar terbuat dari baja yang disambung. Akan tetapi, tow bar yang terbuat dari stainless steel atau yang sudah diberi powder coated akan lebih terlindungi dari karat,” beber pria bongsor yang sudah buka bengkel sejak beberapa tahun lalu.

Jangan lupa perhatikan dan tanyakan kelas tow bar yang tersedia. Pasalnya banyak benda yang bisa diderek menggunakan tow bar, benda dengan berbagai dimensi dan berat. Untuk itu Anda harus menentukan kategori kelas tow bar yang dibutuhkan untuk menderek benda yang tepat.

Harganya bervariasi, sebagai patokan berada di kisaran Rp.1,2 juta plus ongkos pasang atau ongkos kirim. Contohnya untuk kelas 1 tow bar mampu menderek benda dengan berat hingga 900 kg. Kelas 2 tow bar mampu menderek beban dengan berat 1500 kg. “Cara pasangnya juga harus tepat dan benar, jangan asal pasang,” saran Jk.
Penulis: Noverry Darwin | Foto: Jk Motorsport