Perubahan Peraturan Ban MotoGP 2017

21411
perubahan peraturan ban MotoGP 2017
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Pertemuan komisi Grand Prix mengenai perubahan peraturan ban MotoGP 2017 yang berlangsung pada 15 Desember 2016 antara Carmelo Ezpeleta (Dorna, Ketua), Ignacio Verneda (CEO FIM), Herve Poncharal (IRTA), Takanao Tsubouchi (MSMA) dan Mike Trimby (CEO IRTA) membuat keputusan sebagai berikut:

New RC3 Products

Peraturan Teknis Kelas MotoGP 2017

Deteksi Otomatis Jenis Ban
Kerjasama antara Michelin dan produsen kelas MotoGP akan menggunakan sistem baru. Sistem ini memungkinkan jenis ban yang digunakan oleh pembalap akan terdeteksi secara otomatis dan membuat informasi untuk seluruh pengendara dan tim serta penyiar TV.

Deteksi akan dibuat dengan menggunakan teknologi nirkabael. Informasi ini kemudian disampaikan ke ECU utama dan diarahkan ke sistem track timing yang melaporkan versi terbaru melalui perangkat lunak.

Alokasi Ban

Untuk mengatasi masalah yang sering dirasakan pengendara dari QP1 dan QP2, pembalap dapat tambahan pilihan yaitu ban lembut dengan spesifikasi ban belakang slick. Jumlah keseluruhan ban yang tersedia untuk pembalap tidak akan berubah.

Menurut informasi yang dirilis mengenai keputusan dari Komisi Grand Prix di Madrid pada 2 Desember silam, dinyatakan bahwa jumlah ban pada lintasan basah dan kering tidak mengalami perubahan dari jumlah total. Jumlah ban MotoGP 2017 maksimum pada cuaca basah tetap lima ban depan dan enam ban belakang. (Race Direction masih dapat menerima keputusan tambahan alokasi ban sebelumnya dari satu depan dan belakang ketika menjalani latihan bebas dan kualifikasi dalam kondisi basah).

Penulis: Budi Kurniawan | Foto: MotoGP.com