Penampakan Fairing Monster Ducati Desmosedici GP17

505
sss

Otomotifzone.com – Losail.Ducati akhirnya memutuskan menggunakan Fairing Prototype baru pada hari kedua test pramusim MotoGP Qatar 2017 yang berlangsung di Sirkuit Losail Qatar, Sabtu (11/3). Memang pada beberapa tahun terakhir Ducati lebih fokus pada pengembangan winglet, tetapi setelah berlakunya peraturan pelarangan winglet di musim 2017 karena faktor keselamatan membuat para Insinyur melakukan beberapa inovasi terbaru untuk mendapatkan stabilitas motor yang setara dengan saat penggunaan winglet seperti perubahan fairing bahkan fairing Ducati mengadopsi F1 Style.

New RC3 Products

Tidak terhindarkan bahwa winglet yang digunakan ducati pada tahun 2016 membuat kamjuan yang sangan pesat bagi motor yang mana tahun 2016 tim ini menjadi kuda hitam bagi kedua tim unggulan lainnya seperti Honda dan Yamaha. Tahun 2017 ini ducati merubah bahkan merombak secara besar-besaran untuk desain fairing yang digunakan Desmosedici GP17 sebagai ganti dari penggunaan winglet namun memiliki fungsinya sama yakni membantu dalam stabilitas pada saat breaking dan menambah akselerasi pada motor karena mengurangi terjadinya spin.

Penampakan Fairing Monster Desmosedici GP17 (Motogp.com)

Berdasarkan pernyataan Andrea Dovizioso pada saat sesi test pramusim “fairing baru yang kita digunakan kali ini membuat saya merasa cukup nyaman, karena sangatalah sulit membuat fairing yang sesuai dengan fairing kami miliki di tahun lalu, dan teknisi kami sudah melakukan pekerjaan dengan sangat baik”. Dia juga menambahkan bahwa

“ini masih belum sempurna dan masih akan terus disempurnakan dan saya fokus untuk menyempurnakannya meski masalah yang sama sering kami temui dalam pengembangannya.”

Berhasil membubuhkan waktu tercepat pada test pramusim hari pertama, Jum’at (10/3) dengan catatan waktu 1:54.819second unggul -0.360s dari Maverick Vinales namun penampilanya harus merosot ke posisi tiga belas pada test hari kedua ia hanya bisa mencatatkan waktu 1:55.583second terpaut +1.255second dari Maverick Vinales diposisi pertama.

Meski begitu Dovizioso merasa tidak khawatir dengan catatan waktu yang diperolehnya dan dia yakin masih bisa mencatatkan waktu lebih cepat lagi karena pada saat itu kondisi cuaca (angin) sangat tidak baik, berbanding terbalik dengan Vinales yang tampil sangat cepat disetiap kondisi.

Penulis : Nana Triana |Foto : GPone