Rem Cakram Bunyi Berdecit ? Perhatikan Hal ini

4990
sss

Otomotifzone.com РPandeglang. Pastinya Otozoner sangat terganggu dengan bunyi decit saat melakukan pengereman pada motor kesayangan, jangan terburu-buru memutuskan ganti kampas rem atau piringan.

New RC3 Products

Pasalnya penyebab rem cakram berdecit ada beberapa hal, bisa dikarenakan kampas rem kotor, piringan cakram berkarat/aus atau karena kampas yang sudah terlampau keras dimakan usia.

Motor yang sering digunakan besar kemungkinan akan membuat debu menempel pada bagian piringan dan kampas, apalagi musim hujan. Air yang bercampur dengan debu akan menjadi lumpur, bila kering menjadi keras hal tersebut bisa menjadi penyebab bunyi decit pada sistem rem.

Untuk mengetahui apa penyebabnya paling efisien adalah dengan cara membuka kampas rem, jika kampas rem kotor, otozoner bisa menggunakan amplas, gosoklah perlahan dan jangan gosok terlalu lama karena akan membuat kampas semakin tipis.

 

Contoh Piringan Cakram aus

 

Paling efektif membersihkan kampas rem dan piringan menggunakan brake cleaner, anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp. 30 – 50 Ribu. Bila kampas sudah keras tidak ada cara lain harus menggantinya dengan yang baru.

Penulis : Nana Triana | Foto : Agis Maulana, Hondacengkareng