Sampai Jumpa di HU Indonesia 2018 Rancabuaya

2517
sss

Otomotifzone.com – Sumbawa. Horizons Unlimited Indonesia (HUI) 2017, sebuah forum pertemuan para petualang dunia yang diselenggarakan di Pantai Kencana, Labuhan Badas, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), resmi ditutup, Minggu (21/5).

New RC3 Products

Penutupan HUI 2017 yang pembukaannya dilakukan Wakil Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah, ditandai pelepasan para petualang, yang akan bertolak atau melanjutkan perjalanan kembali ke berbagai daerah di tanah air dan mancanegara.

Mahmud mengatakan sangat bangga atas dipilihnya Sumbawa sebagai lokasi pelaksanaan HUI 2017. “Saya mewakili rakyat dan pemerintahan daerah Sumbawa menyampaikan rasa terima kasih. Karena dipilih sebagai tuan rumah kegiatan Horizons Unlimited,” katanya.

Mahmud yang berkesempatan mengikatkan topi adat Sapu Alang, ke kepala para peserta HUI 2017 berharap, kedatangan para petualang internasional dan nasional ke Sumbawa bisa memberi kabar positif tentang kondisi daerahnya.

“Saya harap Anda menikmati keindahan alam Sumbawa. Sapu Alang yang saya ikatkan adalah simbol, bahwa kami selalu menerima Anda bila suatu saat Anda kembali ke sini,” lanjutnya.

Jeffrey Polnaja, petualang bermotor asal Indonesia yang berkeliling dunia membawa pesan ‘Ride for Peace’ berkesempatan melepas keberangkatan para peserta. Ia berpesan agar para petualang tetap mengedepankan keselamatan, dan terus menjaga kelestarian lingkungan.

“Sepatutnya para petualang tak hanya menikmati keindahan alam. Tapi harus menjadi teladan menjaga harmonisasi alam. Selamat jalan, dan tetaplah berkendara dengan selamat,” urai Kang JJ, sapaan akrab Jeffrey Polnaja, saat melepas ratusan petualang yang sebagian besar penunggang motor.

Kang JJ yang telah bermotor seorang diri ke-97 negara di dunia ini juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan berbagai pihak pada sukses penyelenggaraan HUI 2017. “Kepada pemerintah daerah, sponsor, para pendukung, dan semua peserta yang hadir. Semoga kegiatan berbagi cerita yang kita lakukan kemarin membawa manfaat besar,” lanjutnya.

Ia akui HUI 2017 berlangsung sukses. 250 peserta hadir mengikuti program tukar pengalaman dan keahlian berpetualang tersebut. Beberapa nama petualang dunia turut serta. Diantaranya Ted Simon, pasangan Shannon dan Mike Mills, pasangan Maggie dan Norman Magowan, Nicole Espinosa, Anita Yusof, Andy Dukes, Steve Campbell dan Jeff de Wispelaere.

Selama berlangsung HUI 2017, para peserta menetap di penginapan dan tenda-tenda di Pantai Kencana. Setiap hari berbagai kegiatan dialog, pelatihan, dan hiburan diberikan para pembicara berpengalaman. Puncaknya, Kang JJ tampil sebagai pembicara.

Disampaikan Kang JJ, HUI tak berhenti sampai sini. Tahun depan direncanakan berlangsung di Jawa Barat (5 – 8 Juli). “HU Indonesia 2018 akan kita buat di Rancabuaya, dengan sajian yang lebih menginspirasi dan menambah jumlah kuota peserta,” ucapnya.

Horizon Unlimited (HU) merupakan wadah perkumpulan petualang dunia. Dibentuk pasangan petualang veteran Grant dan Susan Johnson pada 1997. Perkumpulan berbasis di Inggris dan Kanada ini telah menginspirasi dan memberi informasi pada setiap orang yang ingin berpetualang. Bahkan melalui perkumpulan ini sering terjadi koneksitas, antar petualang dari seluruh dunia.

Naskah : Alun Segoro | Foto : HU Indonesia 2017