First Impression Honda Civic Hatchback Turbo: Tenaganya Bikin Badan Terasa Dihempaskan

7825
sss

OtomotifZone.com – Surabaya. Honda Surabaya Center, main dealer mobil Honda wilayah Jatim, Bali dan Nusra memberikan kesempatan spesial kepada Otomotifzone.com. Sehari sebelum digelarnya even Media Test Drive Honda Civic Hatchback Turbo, OZ menjadi media pertama di Surabaya yang merasakan kecanggihan generasi terbaru Civic Hatchback yang dijual Rp 407.750.000 (tipe S CVT) dan Rp 446.750.000 (tipe E CVT) ini.

New RC3 Products

Kesempatan emas itupun tidak disia-siakan OZMengambil start dari The Goods Diner jalan Bali, Surabaya. OZ bersama beberapa kru HSC meluncur menuju jalan Kerjajaya – SuraMadu – Kertajaya – dan kembali finish di The Goods Diner.

Eksterior

Lampu, foglamp telah dilengkapi LED

Sebelum memulai kencan dengan Honda Civic Hatchback Turbo, OZ mencoba mengenal lebih dekat. Eksteriornya terkesan sporty dan futuristik.

Seluruh lampu sudah menggunakan sistem LED (tipe E) untuk headlamp, sein hingga foglamp.

Interior

Ruang kabin terasa luas dan nyaman

Pertama kali OZ masuk ke ruang kabin dan duduk dibangku kemudi, kenyamanan sudah langsung terasa. Jok Honda Civic Hatchback Turbo tampak mewah dan sporty dibungkus genuine leather. Selain itu OZ tidak perlu takut soal driving position. Meski OZ memiliki postur tubuh mungil, jok Honda Civic Hatchback Turbo dilengkapi setelan elektrik, yang dapat diatur maju-mundur juga naik turun sesuai kebutuhan driver. 


Fitur Tilt Steering dapat diatur naik-turun, maju-mundur sesuai kebutuhan driver

Fitur tilt steering memiliki setelan tidak hanya naik-turun, tetapi juga maju-mundur. Sehingga posisi menyetir bisa lebih relax. 

Performa

Disokong Mesin 1.5L VTEC Turbo membuat Honda Civic Hatchback Turbo tambah power full

Disokong Mesin 1.5L VTEC Turbo, Honda Hatchback Turbo dapat meraih tenaga maksimal 173 PS. Salah satu yang OZ rasakan adalah perpindahan yang halus (smooth) meski berkendara dalam kondisi jalan yang macet. 

Fitur Eco Assist System yang disematkan berfungsi menjaga bahan bakar lebih efisien.
Saat memasuki jembatan SuraMadu, barulah OZ bisa lebih leluasa berkendara. Spontan saja pedal gas diinjek sedalam-dalamnya. Hasilnya, smooth dibawah, galak diatas. Maksudnya saat menyentuh angka 2.800 rpm, barulah turbo terasa. Tubuh bagaikan dihempaskan seiring besarnya tenaga yang dimuntahkan.  Ini karena daya puncak yang dihasilkan 173 PS dan torsi maksimal 22,4 kg.m yang sama-sama bisa tercapai di putaran 5.500 rpm.

Auto Brake Hold

Sama seperti produk Honda yang lain,  Honda Civic Hatchback Turbo juga disematkan fitur Auto Brake Hold. Berfungsi mengaktifkan rem secara otomatis ketika Civic Hatchback Turbo berhenti sempurna, pada tanjakan atau turunan.  Dengan prinsip kerja tersebut, tampaknya fitur Auto Brake Hold merupakan pengembangan dari Hill Start Assist.
Indikator huruf ‘A’ akan menyala ketika fitur diaktifkan dan saat rem berfungsi menahan mobil. Dengan demikian pengemudi tidak perlu menahan kaki di pedal rem.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS