Operasi tulang kaki Rossi berjalan sukses

23620
sss

OtomotifZone.com Pasca kecelakaan Enduro, Kamis (31/08) kemarin, Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) didiagnosis menderita patah tulang bagian betis oleh medis Ospedade Civile, Urbino.

New RC3 Products

Tulang betis ada dua, tibia dan fibula. Rossi mematahkan keduanya.

Ia langsung dilarikan ke rumah sakit dekat kampung halamannya Tavullia pada hari yang sama. Dilansir MotoGP.com (1/09/2017), setelah menjalani pemeriksaan medis di Ospedale Civile Urbino, ia langsung dilarikan ke Azienda Ospedaliero-Universitaria Psoedali Riuniti di Ancona untuk operasi tulang malam tadi.

Dr. Raffaele Pascarella, Direktur Divisi Ortopedi dan Traumatologi, menginformasikan, patah tulang dipaku menggunakan pin logam.

Valentino Rossi: “Operasi berjalanan dengan baik pagi ini, ketika saya terbangun, saya merasa sudah baik, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada staff Ospedali Riuniti di Ancona, dan khususnya Dokter Pascarella yang mengoperasi saya”.

Berdasarkan pengamatan mahasiswa Akademi Teknik Radio Diagnostik dan Radioterapi Aceh, Mulki Imansyah Putra, fraktur tulang itu dapat sembuh total, namun membutuhkan penyesuaian dan latihan untuk mempersiapkan tulang kembali normal digunakan.

“Rossi perlu melakukan latihan pasif, dimana ia aktif menggerakan kaki ke kiri dan kekanan dengan bantuan tenaga dari luar, agar tidak ada kontraksi otot” jelasnya.

Anggota gerak bawah membutuhkan waktu lebih lama proses penyembuhannya, ketimbang anggota gerak atas.

“Biasanya butuh 2 bulan untuk pulih dari patah tulang tibia dan fibula, tapi bila ditangani oleh medis yang ahli bisa lebih cepat dari itu,” kata Mulki.

Bila pengamatan itu benar, maka Rossi akan kehilangan kesempatan untuk meraih gelar juara ke-10 di tahun 2017.

Penulis : Jody Rulis | Photos : MotoGP.com