MotoGP Misano 2017 – Michelin Siapkan Ban Khusus

19931
sss

Otomotifzone.com – Misano. Pergelaran MotoGP Misano 2017 akan berlangsung akhir pekan ini dan pastinya bakal  menyajikan balapan yang cukup seru meski tanpa kehadiran sang maestro Valentino Rossi lantaran masih dalam masa pemulihan setelah paska operasi kaki kanan beberapa hari lalu.

New RC3 Products

Selain itu tingginya suhu di sirkuit Misano pastinya membuat ban motor cepat haus, untuk itu Michelin telah menyiapkan komponen ban baru yang akan digunakan untuk ban depan. Komponen ban baru tersebut dinilai sangat tepat karena merupakan pengembangan dari uji coba di Misano.

Dari alasan diatas maka balapan di Misano tanpa pilihan ban bercompound soft Sebagai gantinya, dua pilihan medium akan disediakan (plus one hard), untuk bagian depan dan belakang.

Untuk bagian depan, salah satu dari dua senyawa medium tersebut adalah konstruksi yang ada yang telah digunakan sejak balapan Mugello – juga sama halnya dengan ban bertipe compound keras juga akan menonjolkan struktur ini – sementara ban medium lainnya biasa disebut ‘Misano Tire’.

Ban ini dirancang lebih stabil saat melakuukan pengereman dan saat menikung. Ketiga ban tersebut akan tersedia dalam versi simetris.

Sementara itu ban belakang semuanya akan menjadi desain asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras dan akan menampilkan dua ban bercompound medium, yang salah satunya memiliki compound lebih lembut.

“Misano adalah sirkuit yang menuntut kemampuan teknis karena menjadi kombinasi dari lintasan cepat, tikungan lambat, serta chicanes—tikungan yang menyerupai huruf s,” buka Tramasso

“Musim lalu kami sangat senang dengan performa ban, kami memecahkan beberapa catatan yang ada – dan pastinya ingin kami lakukan lagi tahun ini – tapi yang paling memuaskan adalah konsistensi dan daya tahan ban kami pada saat balapan, dimana hari itu dalam kondisi sangat panas dan menuntut pada permukaan abrasif (mengikis).”

“Kami baru saja melakukan tes di sirkuit dengan beberapa pembalap, jadi kami mendapatkan data uptodate yang bagus yang akan memberi kami titik awal yang solid untuk akhir pekan ini. Dengan Misano, kita memulai sepertiga terakhir musim yang cukupp menggairahkan ini dan tidak diragukan lagi kita akan melihat kerumunan besar akhir pekan ini di satu pertempuran yang lebih spektakuler untuk kejuaraan ini. ” tegas Piero Taramasso – Michelin Motorsport Two-Wheel Manager dilansir crash.net

Penulis : Nana Triana |Foto : MotoGP.com