Grand Battle Suryanation Motorland 2017: Surabaya Jadi Saksi Dipilihnya The Greatest Bike

286
sss

OtomotifZone.com – Surabaya. Grand Battle Suryanation Motorland 2017 sukses digelar pada Sabtu – Minggu (11-12/11) di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya. Acara ini merupakan puncak dari rangkaian Suryanation Motorland yang sudah berjalan dari bulan April lalu. 

New RC3 Products

Ari Kusumo Wibowo, Brand Manager Surya mengatakan bahwa Grand Battle ini merupakan pertempuran terakhir bagi para jawara ditiap kota.

“Grand Battle Suryanation Motorland Surabaya ini menjadi ajang pembuktian dan penentu, siapakah yang akan tampil menjadi best of the best dengan The Greatest Bike,” bilangnya.

“Oleh sebab itu disini kami menampilkan jawara dari 7 kota sebelumnya dengan motor-motor terbaiknya,” lanjut Ari. 

Lebih lanjut Ari memaparkan, dipilihnya kota Pahlawan Surabaya sebagai seri terkhir rangkaian Suryanation Motorland karena Surabaya merupakan Barometer motor modifikasi untuk wilayah Timur. Selain itu karena letaknya cukup strategis, sehingga mudah dijangkau oleh peserta dari kota lain di Jawa Timur.

  

Untuk memeriahkan gelaran ini Seri Grand Battle Suryanation Motorland 2017 sengaja dihelat selama dua hari dengan menghadirkan bermacam acara khas custom culture seperti: custom bike competition, rolling thunder, biker community games, dan juga art performance dari para seniman pinstripe, leather art dan tattoo seperti Wawan Junx, Rio Bronx, Wisnu Customizer, Cetul Leather Art, dan Anneke Fitrianti Petrichor Tattoo. 

The Greatest Bike Suryanation Motorland 2017

Disisi lain Lulut Wahyudi salah satu juri dari Retro Classic Cycle Yogyakarta pada kesempatan yang sama menyampaikan, ”Harapan saya dan juri yang lainnya di ajang Grand Battle ini akan lahir builder-builder baru yang bisa menambah warna di dunia custom culture tanah air dan menginspirasi orang lain yang ingin mulai membangun motor,” yang diamini kedua juri lain Bimo Hendrawan (Bimo Custombikes Jakarta) dan Tommy Dwi Jatmiko (Mastom Custom Jakarta).

Lulut menambahkan, fokus penilaian para juri tidak hanya pada konsep maupun performa motor saja tetapi juga melihat berbagai aspek lain seperti pesan dalam membuat motor, detail dan harmonisasi secara keseluruhan.

Kehadiran builder Jepang Kaichiroh Kurosu dari Cherrys Company dan  Indra “Bluesman” Pranajaya dari Razzle Dazzle Chopper Works Bandung sebagai juri tambahan dalam memilih The Greatest Bike Suryanation Motorland tahun ini mampu menambah bobot penilaian dan persaingan semakin seru.

“Berbeda dengan tahun lalu, nantinya pemenang The Greatest Bike Suryanation Motorland 2017 akan dibawa ke event bergengsi dan terbesar di Eropa yaitu International Motor Bike Expo yang akan berlangsung di Verona, Italia pada 18-21 Januari 2018 mendatang,” tambah Lulut.

Iconic Bike Ketiga yang merupakan hasil kolaborasi antara M. Yusuf Adib dari Psycho Engine Purwokerto (pemenang Best of The Best Suryanation Motorland 2016 dengan builder kenamaan Jepang, Kaichiroh Kurosu dari Cherrys Company). 

Selain itu yang paling ditunggu di seri Grand Battle ini adalah penampilan perdana Iconic Bike Ketiga yang merupakan hasil kolaborasi antara M. Yusuf Adib dari Psycho Engine Purwokerto (pemenang Best of The Best Suryanation Motorland 2016 dengan builder kenamaan Jepang, Kaichiroh Kurosu dari Cherrys Company). 

Keduanya berkolaborasi dengan Lulut Wahyudi di dalam tim “Majapahit” untuk membuat Iconic Bike Ketiga dan melengkapi dua Iconic Bike sebelumnya yang dibuat oleh tim “Deli Sriwijaya” dan “Gowa Mataram”.   

mesin “W Engine” hasil karya M Yusuf Adib 

Surabaya akan menjadi saksi kemunculan Iconic Bike Ketiga yang akan menampilkan sebuah motor dengan mesin “W Engine” hasil karya M Yusuf Adib dengan basis mesin Harley Davidson Sportster buatan tahun 1996. Mesin ini akan dipasangkan pada bodi motor yang dibuat oleh Kaichiroh Kurosudi Jepang. 
“Saya sangat antusias untuk terlibat pada pembuatan Iconic Bike Ketiga ini, saya rasa apa yang sudah dilakukan oleh M Yusuf Adib ini merupakan sesuatu terobosan di dunia custom. Semoga Iconic Bike ketiga yang kami buat bersama ini bisa menjadi inspirasi bagi builder di Indonesia,” girang Kurosu. 

Iconic Bike Ketiga yang merupakan hasil kolaborasi ketiga builder ini juga akan diberangkatkan bersama dengan motor yang berhasil menjadi The Greatest Bike Suryanation Motorland 2017 untuk dipamerkan di acara International Motor Bike Expo di Verona, Italia. 

 Penulis: Hendra Sonie | Foto: ist

Nama-nama pemenang Best of The Best Suryanation Motorland 2017 dari setiap kota:

– Best of The Best Medan. Siar dengan motor Kawasaki KZ 200 berkonsep Srambler/Tracker 

– Best of The Best Palembang. Rio Gustav dari 58 Work dengan Bajaj Super 150 berkonsep Tracker ala motor Ojek Kayu 

– Best of The Best Tangerang. Ari Supriyanto dari Protechnics Workshop dengan Yamaha Scorpio berkonsep Srambler/Tracker 

– Best of The Best Semarang. Rizal dengan motor berbasis mesin VX1900 tahun 2008 berkonsep Pro Street Chopper 

– Best of The Best Banjarmasin. Bayu Setia W dengan motor Honda Tiger berkonsep Scrambler Tracker 

– Best of The Best Makasar. Syahril dari Samarinda dengan Harley Sportster XL 1200 tahun 2006 berkonsep Pro Street 

– Best of The Best Denpasar. Alit Juliarta Murdha  dan Kedux Garage dengan motor HD Softail tahun 1996 dengan konsep Chopper 
Kelas-kelas Custom Bike Competition Suryanation Motorland 2017:

–          Street Cub/Choppy Cub
–          Cafe Racer
–          Chopper/Bobber < 250cc
–          Scrambler/Tracker < 250cc
–          Chopper/Bobber > 250cc
–          Scrambler/Tracker > 250 cc
–          Sport FFA
–          Matic Custom
–          Free for All
–          Exhibition Class
–          Best Collaboration Concept