Motor Normal Ban Aus Sebelah Kok Panik?

945

OtomotifZone.com-Solo. Nyamannya saat berkendara adalah keadaan motor stabil dan mudah di kemudikan. Responsif juga enteng di geber. Namanya juga berkendara pasti ada part yang aus, salah satunya ban, tapi orang awam kadang ada yang sering bertanya-tanya dan kadang dijawab sendiri. Kok ban motor ausnya kanan duluan.

RC3 Products

Masih saja banyak yang bingung dan cari penyebab ban motor botak sebelah. Memang banyak penyebabnya kalau di urut. Mulai dari shockbreaker yang bocor dan sudah minta di servis.

Komstir atau rangka tak center, tapi kalau semua kendala tersebut sudah fix nggak masalah dan waktu ban habis ternyata tak rata malah samping duluan.

Apanya lagi?
Jangan buru-buru panik, jangan emosi apalagi marah-marah. Duduk dulu kata pak guru agama kalau marah…
Kalau motor di pakai riding stabil berarti juga gak ada kendala apa-apa. Masalahnya ban itu tadi.

Kondisi jalan adalah penyebab ban bisa botak sebelah apalagi bagian kanan. Kontur aspal di jalan raya itu pada dasarnya dibuat miring ke pinggir dan tinggi di tengah. Otomatis saat jalan sisi kanan ban lebih banyak menekan dari pada yang kiri. Coba di bayangkan aja deh. Dari arah manapun tetap sebelah kanan yang kena tekanan berlebih. Itulah sebabnya bro… Sedikit paham kan…

Penulis: Hafid Hapid & Photos: Hafid Hapid