​Test Ride Yamaha Mio S: Touring Surabaya – Bangkalan, Gak Sampe Setengah Liter 

726
sss


OtomotifZone.com – Bangkalan, Madura. PT. Surya Timur Sakti Jatim  (STSJ ), main dealer motor Yamaha wilayah Jatim, NTT dan Kaltim menggelar media test ride Yamaha Mio S. 

New RC3 Products

Even bertajuk satu hari bersama Mio S ini digelar STSJ pada hari Jumat (20/1), untuk menjalin silaturahim dengan media dan blogger.

Yunan, Manager Service STSJ (kedua kiri) memantau langsung pengisian BBM menggunakan metode full to full

“Kali ini STSJ menggelar test ride agar teman-teman jurnalis dapat merasakan langsung Yamaha Mio S,” buka Yunan, Manager Service STSJ sebelum pemberangkatan.

“Untuk perjalanan pertama dari Surabaya ke Yamaha Trisakti Motor Bangkalan, Madura kami akan menguji keiritan Yamaha Mio S yang dikendarai teman-teman jurnalis, dengan metode full to full,” lanjutnya.

Tangki bensin disegel untuk menjaga kesyahan tes irit

Mengambil start dari Lapangan Yamaha di kawasan Panglima Sudirman, Surabaya,  rombongan memulai turing satu hari bersama Mio S dengan kawalan komunitas Yamaha.

Selama perjalanan Surabaya-Bangkalan, OtomotifZone konstan pada kecepatan 40-60km/jam (indikator ECO menyala).
Setelah menempuh jarak 35km dalam waktu sekitar 40 menit, rombongan sampai di diler Yamaha Trisakti Motor, Bangkalan. Selanjutnya dilakukan pengukuran keiritan konsumsi BBM tiap motor. 

OZ menempati posisi pertama dengan torehan 76,76km/lt

Hasil yang didapat cukup menggembirakan. OZ berhasil menorehkan konsumsi BBM paling irit yaitu 76,76 km/liter. Metode pengukurannya, jarak tempuh 34,7 km, dibagi jumlah bensin yang digunakan 0,452 liter setara 452 mili liter. Waaaaaw..gak sampe setengah liter gaeeees.

Riding Impression

Jurnalis dan blogger saat melewati jalanan bukit kapur Jaddih, Bangkalan, Madura

Destinasi selanjutnya adalah Bukit Kapur Jaddih, Bangkalan, Madura. Karena uji keiritan sudah selesai, kali ini OZ sengaja menguji ketangguhan Yamaha Mio S baik soal handling maupun performanya.

Yamaha Mio S mampu menapaki puncak bukit Kapur Jaddih

Dengan dimensi panjang 1.870 mm, lebar 685 mm dan tinggi 1.060 mm(lebih ramping dari versi sebelumnya) handling Yamaha Mio S enak diajak bermanuver. Jalan kriting dan berlubang dihajar habis. Disini suspensi masih terasa keras seperti motor Yamaha Mio umumnya. Namun Yamaha mampu menetralisir dengan jok yang empuk. Itu sebabnya tetap nyaman dikendarai meski melibas jalanan semi off-road.

Performa

Dibekali mesin 125cc

Menggunakan mesin berkapasitas 125cc, Yamaha Mio S sanggup mengeluarkan tenaga sampai 7,0 kw @8.000rpm dengan torsi sebesar 9,6 Nm @5.500rpm. Gak heran, meraih kecepatan 80-100km/jam mudah diraih. Bahkan OZ sempat menorehkan kecepatan 110km/jam saat melibas jalan bypass sebelum jembatan Suramadu.

Fitur

Velg lebar dan ban tubbles

Ban Tubeless & velg Lebar yang diadopsi membuat Mio S lebih stabil saat melibas berbagai macam tipe jalan. Lampu LED Headlight yang disematkan membuat penerangan lebih merata saat malam hari. 
Lampu LED Headlight

Answer Back System (ABS)

Yamaha Mio S dilengkapi Answer Back System (ABS). Fitur ini dapat memudahkan pemilik saat mencari motornya di parkiran. Selain itu, ada tambahan lainnya, yaitu lampu hazard untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS