Gaya Turun Kaki Ala Pembalap Nasional, Ikutan MotoGP Atau Bukan? Cari Tau Alasannya..

4143


OtomotifZone.com-Sentul. Mengarah pada gelaran besar roda dua di FIM Asia Road Racing Championship sirkuit Sentul bulan Oktober lalu dan menganalisis empat tahun berjalan rata-rata pembalap nasional kita punya gaya sekelas Valentino Rossi, Marc Marquez dan kawan-kawan. Kecuali Lorenzo saja yang jarang memakai gaya ini sebelum memakai Honda.

RC3 Products

Kembali ke balap nasional. Coba ulas kepada pembalap sekelas Yudhistira dan Irfan Ardiansyah yang bisa kami tanya soal gaya era baru menuju tikungan selepas Asia Road Racing Championship sirkuit Sentul beberapa bulan lalu.

“Gaya menurunkan kaki untuk saya lebih kontrol roda depan ketika saat pengereman jika ada sedikit slide,” ungkap Yudhis kala membela Manual Tech Kawasaki.

Ahmad Yudhistira, mengontrol roda depan.

Lain halnya dengan Irfan Ardiansyah. Pembalap asal Ungaran, Semarang yang masih tahap pemulihan patah tangan bulan lalu punya sugesti berbeda tentang apa gunanya kaki lepas dari footstep sebelum menikung.

Di Supersport 600cc karena dorongan power sangat kencang posisi yakinkan diri masuk tikungan sangat penting. Irfan Ardiansyah sendiri juga punya argumen lain.

“Kalau menurutku buat bantu ngasih traksi belakang mas, soalnya biar lebih neken ke belakang. Pokoke intinnya buat bantu roda belakang supaya tidak ngangkat pas hard berakibat,” jelas Irfan yang sedikit bingung untuk menjelaskan.

Irfan Ardiansyah, berguna buat roda belakang.

Jelasnya gaya tersebut untuk mereka lebih ke sugesti meyakinkan diri. Posisi kuda-kuda yang pas, posisi matang, posisi mantab, posisi ter….. Pokoknya.

Penulis : Hafid | Foto : Hafid