Ribuan Offroader Serbu Desa Penghasil Durian Di Ciamis

1182
sss

OtomotifZone.com – Ciamis. Desa Kalijaya Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis Jawa Barat, terkenal dengan sebutan desa penghasil durian. Desa yang berbatasan dengan Kabupaten Pangandaran ini pun pada Hari Minggu (24/02) mengadakan festival durian dengan dipadukan gelaran adventure yang bertajuk Jelajah Alam Festival Durian 2 (JADUR #2).

New RC3 Products

Meskipun untuk tahun ini durian yang berbuah berkurang sekitar 70% dari tahun sebelumnya namun gelaran semakin meriah. Tercatat nomor peserta terjual sebanyak 1.300 lebih. Bahkan perkiraan para offroader bisa mencapai lebih dari 1.500 beserta yang tidak terdaftar.

Pukul 09.00 pagi kondisi jalan menuju Desa Kalijaya sudah macet. Sehingga peserta harus menurunkan motornya jauh sebelum Desa Kalijaya. Peserta dan para pengunjung pun bersabar antre untuk memasuki lokasi gelaran.

Sehingga Clerk Off The Field (COF) atau penanggung jawab dari IMI Jabar Asep Saefurrohmat, S.IP ekstra mengatur peserta agar pelepasan peserta tidak terhambat. “Peserta luar biasa kami panitia harus kerja keras mengatur parkir dan mengarahkan peserta agar tidak menghambat pelepasan di garis start,” jelas Asep.

Berkat kerja keras dan kerja sama panitia seluruh peserta dapat dilepas menuju jalur. Bahkan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis H. Nanang Permana, S.H yang hadir turut melepas salah satu rombongan peserta.

Jalur yang disajikan untuk peserta lebih dari 60 km. Kondisi jalur yang dominan tanah dengan berbagai halangan serta rintangan membuat para peserta harus mengerahkan seluruh kemampuan untuk menaklukan rintangan pada jalur tersebut.

Salah satu tanjakan yang terjal dan panjang menjadi tanjakan berhadiah. Namun dari ribuan peserta hanya 4 peserta yang berhasil tanpa hambatan. Sehingga diganjar uang tunai Rp. 4 juta untuk 4 peserta. Selain itu berbagai track dengan kondisi yang licin membuat panitia harus memutuskan untuk mengalihkan jalur.

“Kita harus bertindak menggunakan jalur alternative, karena waktu tidak memungkinkan dikhawatirkan peserta akan terhambat dan kemalaman di jalur,” jelas Asep yang terjun langsung ke jalur beserta OtomotifZone.com.

Bahkan pada salah satu track sempat mengalami insiden terjatuh karena licinnya jalur. Beruntung COF beserta OtomotifZone.com tidak mengalami luka yang berarti. Setiap titik pada jalur seolah-olah memicu adrenalin peserta.

Setelah berhasil melewati rintangan peserta disajikan hiburan dangdut yang pandu MC Wanto Ceper dan Bayi Stone. Sehingga para peserta larut dalam alunan serta bergoyang bersama. Terlebih hadiah utama satu unit mobil pick up akan diberikan pada peserta yang beruntung.

Sebagian ada yang jalan-jalan menikmati berbagai durian local yang terdapat pada stand yang telah disediakan oleh panitia. Bahkan beberapa diantara ada yang membawa untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

“Alhamdulillah peserta dibandingkan tahun kemarin bertambah,” jelas Ketua Penyelenggara Candra Desiana. Menurut Candra gelaran yang murni swadaya ini hasil kerja sama yang terjalin antar pemuda dan pihak lain. Namun Candra yang juga merupakan Ketua Karang Taruna berharap agar gelaran berikutnya untuk kerja sama dengan pihak lain lebih ditingkatkan.

Sementara itu penanggungjawab gelaran Kepala Desa Kalijaya Yosep Kurniawan menyampaikan langsung pada OtomotifZone.com bahwa gelaran ini menjadi agenda kabupaten. “nanti JADUR 3 dipastikan gelaran akan lebih baik dan lebih besar lagi, ini akan kami evaluasi terutama untuk tempat parkir maka dari itu kami mohon maaf pada peserta atas ketidaknyamanan dan jika terdapat beberapa kekurangan khususnya dalam pelayanan,” Pungkas Yosep.

Penulis : Yeyep Ardiansyah |Foto : Yeyep Ardiansyah