Kualifikasi FIM CEV 2019 Portugal, Gerry Salim Berada Di Posisi Ke-4, Mario Suryo Aji Ke-8

222
sss

OtomotifZone.com – Jakarta. Faktor cuaca yang tidak bersahabat di Circuito do Estoril, Portugal, kali ini membuat tim Astra Honda Racing Team dan juga pebalapnya mengalami kesulitan dalam menjalani sesi kualifikasi hari pertama di gelaran FIM CEV Repsol pada hari Sabtu. Kondisi cuaca yang kerap berubah-ubah ini tim melakukan beberapa ubahan pada setting mesin motor. Dan hasilnya terbukti dengan dua pebalapnya tersebut bisa mengatasi kondisi cuaca yang menantang ini dan mampu catatkan hasil bagus untuk Indonesia pada debutnya.

New RC3 Products

Gerry Salim berhasil mengamankan posisi keempat dalam debut pertamanya di kelas Moto2 dengan aksi putaran fantastis pada lap terakhirnya. Sementara itu Mario Suryo Aji akan memulai balapan debut perdananya FIM CEV Moto3 dari posisi start kedelapan.

Dalam sesi kualifikasi pagi hari Mario Suryo Aji mampu selesaikan 16 laps, saat matahari menyinari lintasan yang masih lembab, dan dengan rasa percaya diri tinggi berhasil catat waktu tercepat di urutan keenam. Kondisi lintasan terasa lebih sulit saat kualifikasi kedua pada siang hari. Namun, pebalap muda kebanggaan Indonesia ini terus berusaha dan akhirnya mampu mencatatkan waktu terbaiknya dengan 1 menit 57,825 detik di lintasan basah, kemudian kembali menajamkannya waktu menjadi 1 menit 48,116 detik yang akhirnya berada di posisi kedelapan start.

“Pada kualifikasi pertama (QP1), ada banyak air di lintasan akibat hujan dan kami memakai ban basah. Lintasan masih licin, tetapi saya bisa menutup sesi dengan berada di posisi keenam. Siangnya, saat kualifikasi kedua (QP2), saya memakai ban basah pada lima laps pertama, lalu kembali ke garasi ganti ban kering -soft untuk ban belakang dan medium untuk ban depan- setelah hujan berhenti. Cuaca hari ini membuat sesi berjalan sulit karena ada beberapa tikungan yang masih basah dan beberapa lainnya sudah kering. Namun, akhirnya saya bisa berada di posisi kedelapan pada sesi kualifikasi FIM CEV yang jadi debut pertama saya, dan saya sangat senang,” ujar Mario Suryo Aji.

Gerry Salim yang merupakan rekan duetnya di Astra Honda Racing Team, pada akhir pekan ini juga akan melakukan debutnya di kelas Moto2 European Championship. Dengan kondisi suhu pada pagi hari mencapai 11 derajat celcius di lintasan yang lembab, Gerry melakukan banyak putaran dan sempat terhenti akibat terjatuh pada jelang dua menit sebelum sesi berakhir.

Namun akhirnya Gerry pun menutup sesi pertamanya ini dengan berada di posisi tercepat ke-10. Dia dan tim langsung melakukan beberapa ubahan lagi yang sangat diperlukan untuk bisa kembali beradaptasi dengan kondisi lintasan saat sesi siang. Dan akhirnya Gerry berhasil mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 55,992 detik pada laps terakhir yang menempatkannya di posisi keempat di kelas Moto2.

“Lintasannya sangat basah saat QP1 karena hujan turun pada pagi hari. Kondisi ini tidak baik dan saya juga tidak mendapatkan feeling yang bagus dengan motor, tetapi saya terus berusaha. Pada saat lima menit jelang sesi berakhir saya terjatuh, tetapi tidak parah, dan tim melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan memperbaiki motor untuk persiapan QP2. Saat keluar untuk menjalani QP2, saya memakai ban kering karena matahari sudah bersinar, tetapi saat sampai di tikungan terakhir hujan turun lagi. Saya kembali ke pit, dan tim mengganti ban dan set-up motor. Saya kembali melakukan beberapa putaran untuk bisa mendapatkan rasa kepercayaan diri dengan ban basah, lalu kembali ke pit untuk mengecek data dengan mekanik. Saat percobaan terakhir, saya terus memacu dengan maksimal dan mencatat waktu yang bagus pada laps terakhir sehingga bisa mengamankan posisi keempat. Saya sangat senang karena hasil ini merupakan kualifikasi Moto2 pertama saya, dan saya akan memulai balapan dari baris kedua,” tutur Gerry Salim.

Balapan Moto3 Junior World Championship akan berlangsung pada Minggu ini, (7/4/2019) pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 19.00 WIB. Dan di antara dua balapan Moto2 European Championship yang akan digelar pada pukul 12.00 dan 15.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB dan 21.00 WIB. Ajang balapan ini bisa disaksikan melalui channel FIM CEV di saluran YouTube.