Debut Perdana Mario Suryo Aji Berbuah Manis, Finish Keempat Di FIM CEV Portugal  

168
sss
OtomotifZone.com – Jakarta. Mario Suryo Aji rider Astra Honda Racing Team, nyaris mempersembahkan podium ketiga pada balapan pertamanya di ajang kejuaraan FIM CEV, yang berlangsung di sirkuit Estoril, Portugal. Meski kondisi cuaca kurang bersahabat namun bisa diatasi dengan baik oleh kekompakkan tim Astra Honda Racing Team demi nama Indonesia. Mario Suryo Aji mencatatkan debut terbaiknya dengan finish di posisi keempat dan mengunci putaran tercepat di kelas Moto3 Junior World Championship.
Sedangkan di kelas Moto2, rekan satu timnya di Astra Honda Racing Team, Gerry Salim, sempat tidak finish di balapan pertama akibat mengalami masalah teknis pada mesinnya, tetapi berhasil meraih poin setelah finish di urutan ke-10 pada balapan kedua.
Saat balapan Moto3 berlangsung, kondisi di lintasan yang basah karena diguyur hujan mencapai suhu hingga 14 derajat Celcius. Hal ini sempat membuat Mario terjatuh saat melakukan sesi pemanasan, sehingga pembalap bernomer start 34 ini merasa sedikit kurang nyaman pada awal balapan. Tetapi setelah menjalani laps kelima dan seterusnya, pembalap muda  Indonesia ini mulai memperbaiki posisinya dengan memacu secara konstan motor Honda NSF250RW. Posisinya yang ada di urutan ke-9 naik akhirnya mampu mencapai garis finish di posisi ke-4 serta mencatatkan best time dengan 1 menit 59,369 detik pada laps terakhirnya.
Setelah menjalani putaran pertama ini, Mario Suryo Aji kini berada di peringkat keempat klasemen pembalap Moto3 Junior World Championship.
“Saya sangat senang karena ini merupakan balapan pertama saya di FIM CEV, kelas Moto3 Junior World Championship dan saya bisa finish di posisi keempat. Tadi merupakan balapan yang sulit buat saya karena kondisi cuaca kurang bagus. Di laps awal, saya sama sekali tidak percaya diri karena sempat terjatuh saat sesi pemanasan. Namun, saat balapan sedikit demi sedikit saya mulai merasa percaya diri dengan motor dan lintasannya. Saya mulai melewati pembalap lain hingga akhirnya mampu finish keempat. Saya senang karena mencatatkan putaran waktu tercepat pada laps terakhir. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, keluarga, serta Astra Honda Racing Team,” ungkap Mario Suryo  Aji.
Di satu sisi Gerry Salim mencatatkan dua hasil berbeda pada debut pertamanya di kelas Moto2 European Championship. Setelah sempat mengalami kendala pada mesin motornya yang membuat Gerry berhenti dari balapan pertama dan saat itu berada di posisi delapan dengan menyisakan tujuh laps lagi. Pada balapan kedua Gerry mampu bangkit kembali dan finish urutan kesepuluh sehingga dia meraih poin dan kini berada di peringkat ke-14 klasemen sementara.
“Pada balapan pertama saya bisa berada di posisi kedelapan, akan tetapi saat balapan menyisakan tujuh lap lagi saya mengalami masalah pada mesin yang membuat motor jadi berhenti dan tidak bisa melanjutkan balapan. Saya kecewa dengan hasil ini, tetapi mencoba bangkit kembali pada balapan kedua dan berusaha lebih baik lagi. Namun sayangnya saya tidak bisa membalap dengan maksimal karena saat balapan berlangsung di lintasan kering, sementara dua sesi latihan pada Jumat dan Sabtu lintasan basah. Jadi settingan motor tidak cukup bagus. Tapi saya terus berusaha dan akhirnya bisa menyelesaikan balapan pertama di kelas Moto2 FIM CEV dan saya dengan finish urutan ke-10, serta mendapatkan beberapa poin. Saya tentunya senang, dan akan terus berusaha serta bekerja keras agar kembali siap lagi untuk menghadapi putaran berikutnya di sirkuit Valencia,” kata Gerry Salim.
Untuk seri selanjutnya Astra Honda Racing Team akan menjalani putaran FIM CEV berikut di Ricardo Tormo Circuit, Valencia, Spanyol, (27-28/4). Pada putaran ini akan digelar dua balapan Moto3 Junior World Championship dan satu balapan untuk kelas Moto2 European Championship.
Penulis : Obeth |Foto : Obeth
New RC3 Products