Setelah Sempat Diprotes Dalam Ajang MotoGP, Ducati Juga Alami Hal Serupa Di WSBK

92
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Pada gelaran seri pembuka ajang MotoGP 2019 di Qatar, beberapa waktu lalu, Tim Mission Winnow Ducati berhasil meraih juara pertama dengan rider andalannya Andrea Dovizioso. Namun rupanya hal itu tidak langsung diterima oleh kompetitor lainnya dan mendapat protes keras dari sekitar empat tim pabrikan. Alasannya ada sejenis perangkat tambahan di bagian area swingarm pada motor Ducati Desmosedici.

New RC3 Products

Setelah di selidiki lebih jauh oleh Dorna selaku penyelenggara MotoGP, memutuskan jika bagian pada perangkat tersebut adalah legal. Sehingga hasil juara pertama yang direngkuh Dovizioso bersama tim Ducati dianggap sah dan mutlak.

Begitupula dengan tim Ducati lainnya yang bermain di ajang World Superbike (WSBK), juga mendapatkan protes yang sama. Kali ini tim Ducati memang tengah mendominasi pada gelaran WSBK dengan rider Alvaro Bautista yang berhasil memenangi laga di empat seri dan mengalahkan Jonathan Rea sebagai juara bertahan saat ini.

Kejadiannya hampir sama, namun pada ajang WSBK tim lain yang protes mengatakan jika Ducati Panigale V4R ini tampilannya sangat mirip dengan motor yang ada di MotoGP. Lebih lanjut beberapa tim ini sampai melakukan protes keras ke FIM dan ngotot untuk segera digelar sidang terkait apa yang dilakukan oleh Ducati tersebut.

Namun semua anggapan yang dilayangkan oleh tim-tim tersebut, coba ditepis oleh Claudio Domenicali, selaku Direktur Ducati, yang mengatakan jika timnya sekarang ini masih tetap tenang menanggapi berbagai protes karena sangat meyakini kalau apa yang digunakan oleh Ducati ini tidak serta merta melanggar aturan yang ada di ajang WSBK.

“Dengan mengembangkan teknologi merupakan alasan mengapa kami balapan. Kami tidak melihat sesuatu yang salah dengan semua pengembangan teknologi itu,” sebut Domenicali seperti dikutip dari laman GPOne.

Bahkan Domenicali juga menilai protes ini diluncurkan oleh tim lain untuk coba menjegal dan mengalahkan Ducati. “Kami merasa tidak nyaman dengan komplain tersebut, apalagi cara yang mereka lakukan seolah menentang para pembalap kami,” kata Direktur Ducati ini.

“Dan itu sudah menunjukkan jika semangat mereka tidak hanya untuk meminta klarifikasi dengan semua peraturan yang ada, tetapi untuk merusak raihan poin kami saat ini,” sebut Domenicali.

Penulis : Obeth Foto : roadracingworld.com