IIMS 2019 : BMW Resmi Perkenalkan All-New BMW Z4 di Indonesia

27
sss

OtomotifZone.com – Jakarta. Pada ajang pameran otomotif bertajuk Indonesia International Motor Show 2019 yang dimulai dari 25 April sampai 5 Mei di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat. BMW Indonesia secara resmi memperkenalkan jagoan terbarunya The Road Star, All New BMW Z4.

New RC3 Products

All-New BMW Z4 tawarkan kelincahan, performa dinamis dan handling presisi, didukung oleh mesin dan sasis yang lebih canggih. Tampak dari luar, konsep roadster telah berevolusi – jelas terlihat dari proporsi kendaraan. All-New BMW Z4 memiliki penampilan sporty dan kompak dilihat dari sudut manapun. Selain itu, kendaraan juga hadir dengan berbagai fitur terbaru, termasuk bahasa desain yang baru, material interior premium, mesin BMW TwinPower Turbo 4-silinder terbaru, dan BMW Live Cockpit Professional.

Inovasi paling menarik dari sebuah roadster terbaru ini adalah atap soft-top dari material berkualitas tinggi yang dapat dikontrol sepenuhnya secara elektronik. Selain sukses memberikan kesan berkelas, proses buka-tutup yang mudah – hanya memakan waktu 10 detik – seluruh proses tersebut dapat dioperasikan hingga pada kecepatan 50 km/jam. Semua fitur ini menjadikan All-New BMW Z4 terbaru sebagai masa depan segmen roadster, kenikmatan berkendara dengan atap terbuka yang tak tertandingi.

“ Yang utama di IIMS 2019 adalah kehadiran perdana The Road Star, All-New BMW Z4. Roadster bukanlah sebuah kendaraan yang dibutuhkan, tetapi kendaraan yang diimpikan. Sangat berbeda dari generasi pendahulunya, bahkan saat pertama kali melihatnya. Kendaraan ini tampilkan bahasa desain terbaru dengan cara yang sangat istimewa: minimalis, dinamis, dan progresif. ” Jelas Ramesh.

Soal eksterior All New BMW Z4 memiliki Garis presisi dan sejumlah detail istimewa adalah fitur yang membuat desain eksterior menjadi sangat emosional dan sempurna. Kombinasi dari hanya beberapa garis dan desain permukaan yang bersih menciptakan daya tarik sporty yang sangat khas. Kendaraan ini 85 mm lebih panjang dari pendahulunya (kini 4.324 mm), 74 mm lebih lebar (kini 1.864 mm) dan 13 mm lebih tinggi (1.304 mm).

Jarak sumbu roda diperpendek 26 mm, menjadi 2.470 mm, berfungsi untuk mempertajam pengendalian, ditambah track yang lebih lebar – 1.609 mm di depan (+ 98 mm) dan 1.616 mm di belakang (+ 57 mm). Posisi duduk khas roadster, pusat gravitasi rendah dan berat minimal (1,505kg), serta distribusi bobot ideal 50:50, juga berkontribusi terhadap kedinamisan yang luar biasa dari All-New BMW Z4.

Dengan desain kokpit yang fokus pada pengemudi, garis-garis yang melaju ke depan dirancang dengan dinamis dan penggunaan trim finishers terbatas pada beberapa area saja, kabin All-New BMW Z4 ini merupakan penggambaran kenikmatan berkendara yang sempurna.

Detail electroplated menambah suasana canggih-khas roadster – sementara tombol pengaturan kontrol yang ergonomis memusatkan perhatian lebih pada pengalaman berkendara. Desain panel pintu terinspirasi dari bentuk sayap, terlihat secara dari luar di sisi samping kendaraan, menekankan harmoni desain eksterior dan interior.

Pengemudi dan penumpang duduk di sports seats khusus dengan sandaran kepala terintegrasi. All-New BMW Z4 sDrive30i menggunakan sports seats bespoke dengan Vernasca leather sebagai standar yang juga dilengkapi contrast stitching, piping khusus dan seatbelt dengan motif khas BMW M. Rel kursi telah diperpanjang 23 mm dibandingkan pendahulunya, memungkinkan posisi kursi diatur lebih fleksibel.

Beralih kedapur Pacu, mobil ini telah mendapatkan peningkatan Output mesin sebesar 13 hp dibandingkan dengan pendahulunya. BMW TwinPower Turbo Technology kini mencakup sistem High Precision Injection yang tekanan maksimumnya telah ditingkatkan menjadi 350 bar. Kendaraan ini dilengkapi dengan transmisi Steptronic Sport 8-percepatan sebagai standar dan memberikan output maksimum 258 hp antara 5.000 dan 6.500 rpm, sementara torsi puncak 400 Nm (295 lb-ft) tersedia mulai 1.550 hingga 4.400 rpm.

Hasilnya adalah waktu sprint 0 hingga 100 km/jam dapat dicapai hanya dalam waktu 5,4 detik. Konsumsi bahan bakar 15,4 km/l (ECE cycle) dan emisi CO2 149 g/km adalah bukti yang mengesankan dari efisiensi luar dari sebuah roadster. Selain penyebaran rasio yang lebih luas, versi terbaru dari transmisi otomatis Steptronic 8-percepatan yang tersedia di BMW Z4 terbaru juga tawarkan perpindahan gigi yang lebih sporty. Rasio yang lebih pendek untuk gigi rendah, sekaligus tingkatkan akselerasi dan efisiensi mesin, memungkinkan perpindahan gigi yang lebih efektif. Juga, terdapat paddle shift di setir yang memungkinkan pemilihan gigi secara manual.

Dilengkapi dengan M Sport Differential yang menyatu dengan Driving Stability Control (DSC), fungsi penguncian untuk diferensial belakang meningkatkan traksi dan transmisi daya saat berkendara di permukaan yang tidak rata atau di permukaan jalan, menawarkan tingkat cengkeraman yang berbeda untuk roda kiri-belakang dan kanan-belakang. Itu dilakukan dengan mencegah roda berputar berlebihan ketika slip. Efek penguncian dihasilkan dengan menggunakan motor listrik dan memungkinkan torsi penggerak sebanyak 1.500 Nm (1.106 lb-ft) dialihkan ke roda yang kehilangan traksi.

Sementara itu, rear axle menggunakan desain aluminium / baja ringan yang menghemat berat. Basis penopang yang besar dan struktur subframe rear axle yang sangat kaku, serta panel siku yang digunakan untuk menghubungkannya ke bodi, menghasilkan kontrol as roda yang sangat presisi, sehingga mengarah ke perpaduan ideal pengendalian presisi dan kenyamanan berkendara tingkat tinggi. All-new BMW Z4 dilengkapi dengan Double-spoke style 798M alloy wheels sebesar 18 inch dengan warna Orbit grey dan ban performa tinggi lebar belang 18×9, 18×10 untuk semakin meningkatkan traksi. 

Fitur lain yang dapat ditemukan pada daftar peralatan standar adalah Sport Variabel Steering, di mana bantuan daya dan sudut kemudi dapat disesuaikan agar sesuai dengan situasi yang dihadapi. Versi khusus dari sistem Electring Power Steering ini dirancang untuk mengendalikan tidak hanya stabilitas garis lurus di BMW Z4, tetapi juga menghadapi tikungan yang licin dan manuver kecepatan rendah. Hadirnya M Sport brake dan Adaptive M Suspension juga makin meningkatkan kedinamisan berkendara.

All-New BMW Z4 yang akan tersedia di IIMS 2019 dan semua BMW Authorized Dealer mulai 26 April 2019 dengan harga Rp. 1.459.000.000, – off-the-road. Setiap unit kendaraan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Ban kendaraan juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban per tahun sampai 100% yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis. Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Penulis : Nana Triana