Kendala Gearbox, Fabio Quartararo Tetap Sensasional di MotoGP Jerez 2019. Ada Rekor Apa Saja?

87
sss

New RC3 Products

OtomotifZone.com-Spanyol. Rider asal Prancis ini banyak menulis catatan rekor setelah dirinya sukses menjadi pembalap tercepat dalam sesi Kualifikasi MotoGP sirkuit Jerez – Spanyol 4 Mei 2019. Walau pada race day 5 April 2019 saat posisinya sedang munguntit Marc Marquez di posisi 2 terhenti akibat kendala Gearbox membuatnya terhenti. Padahal ada 10 lap lagi untuk mengejar marquez. Kecewa, tapi hasil kemarin masih mencatatkan dia pada rekor baru. Apa saja?

1. Sebagai pembalap termuda dalam sejarah di kelas primer MotoGP yang berhasil menjadi pemegang pole position yaitu di umur 20 Tahun 14 hari. Mematahkan rekor Marc Marquez 2013 lalu di Austin sebagai pencatat rekor kualfikasi termuda saat itu 20 Tahun 52 hari.

2. Bersama Franco Morbidelli berhasil menancapkan lagi bendera team Independent Yamaha di  posisi 1-2 khusus setelah 17 tahun berlalu. Terakhir start 1-2 Independent Yamaha di lakukan Oliver Jacque dan Sinya Nakano di GP Sachsenring Jerman 2002.

Franky Morbidelli dan Fabio Quartararo. Duet Independent Yamaha yang kembali isi podidi 1-2 kualifikasi setelah 17 tahun.

3. Rekor pribadinya sebagai Pole pertama kali dalam karirnya di MotoGP sebagai rookie.

Penulis : Hafid | Foto : MotoGP