Test Drive: Icipi Performa All New Nissan Serena

145
sss

OtomotifZone.com – Surabaya. Nissan Surabaya mengajak Otomotifzone bersama beberapa media di Surabaya menjajal dua produk andalannya. Tanpa pikir panjang, kesempatan baik ini langsung OZ manfaatkan.

New RC3 Products

Yusea Abadi, Kepala Cabang Nissan A Yani Surabaya menyampaikan, “Kali ini kita akan menjajal All New Serena dan All New Livina. Teman-teman dapat langsung mencoba fitur dan performa dua produk kami,” bilangnya.

Dengan mengambil rute Surabaya – Malang via tol baru Pandaan – Singosari rombongan bergerak dari Nissan Surabaya sekitar pukul 15 WIB.

Performa

All New Nissan Serena dibekali mesin 2.0L twin CVTC (Continous Variable Valve Timing Control) dikawinkan dengan transmisi CVT Xtronic. Secara spek mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 150 ps pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.400 rpm.

Saat melaju membelah kemacetan kota Surabaya, Serena terbaru nyaman dikendarai. Lingkar kemudi dengan electric power steering serta tenaga mesin merupakan kombinasi yang pas saat meliuk dalam lalu lintas yang padat.

Pandangan pengemudi sangat luas berkat kaca depan yang cukup lebar. Untuk mengetahui sisi kiri kanan mobil, fitur Intelligent Around view monitor dapat diaktifkan melalui tombol di dasbor dan ditampilkan di layar MID di tengah yang menghadirkan kesan mewah dan modern.

Pandangan luas membuat berkendara lebih menyenangkan

Saat memasuki jalan bebas hambatan Surabaya – Pandaan, dan Pandaan – Singosari, OZ sengaja mencoba berkendara secara agresif. Perangkat CVT terbaru dengan fitur Adaptive Shift Control (ASC) ini belum cukup memuaskan keinginan perpindahan gigi yang cepat.

Saat pedal gas dibejek, mesin tidak langsung merespon. Barulah terasa performanya saat rpm menyentuh angka 3500. Bisa jadi Nissan mengatur demikian agar mobil keluarga ini tetap nyaman dan efisiensi bahan bakar.

Fitur ASC disematkan untuk merekam cara pengemudi selama berkendara, kemudian menyesuaikan dengan performa mesin terbaik. Fitur adaptif lainnya yang cukup membantu adalah lingkar kemudi yang cukup ringan untuk berkendara di dalam kota serta saat parkir.

Ruang kabin terasa lega

Untuk berkendara efisien, Nissan menghadirkan Mode ECO. Dengan menekan tombol ECO di konsol samping kanan kemudi, otomatis putaran mesin dibatasi (lebih smooth) namun tetap nyaman dikendarai.

Fitur andalan lainnya yaitu cruise control dan Driver Attention Alert (DAA). Fitur ini akan memberikan peringatan kepada pengemudi, bila terdeteksi mengalami perubahan cara berkendara di atas 60 kilometer per jam. DAA akan nonggol di MID dengan logo cangkir kopi, maksudnya pengemudi harus beristirahat sejenak dengan menepikan kendaraannya.

Sektor kaki-kaki, Nissan membuat suspensinya lebih kaku. Alasannya untuk kenyamanan dan mengurangi gejala body roll selama berkendara.

All New Serena sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan seperti Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), ABS, EBD serta Brake Assist. Untuk keamanan MPV ini dilengkapi dengan enam SRS airbag dan delapan titik sensor parkir yang bekerja sama dengan kamera 360 derajat untuk kemudahan memantau sekeliling kendaraan.

Kesimpulan, meski waktu pengetesan terbatas, dari impresi awal ini Nissan berhasil memberikan ubahan yang cukup signifikan pada All New Serena dibanding model sebelumnya. Kehadiran fitur-fitur terbaru membuat MPV ini layak dipertimbangkan dan jadi pilihan calon konsumen yang menginginkan kendaraan keluarga yang nyaman dan aman.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: ist.