Para Rider MotoGP Tampil Beda Dalam Perayaan 70 Tahun Gelaran Grand Prix

55
sss

OtomotifZone.com – Hari Kamis kemarin (13/6), nampak terlihat sesuatu yang tidak biasanya pada tampilan rider di kelas MotoGP yang berada di Spanyol. Pasalnya dari 22 pembalap penghuni kelas premier ini berada di lintasan Circuit de Barcelona, bukan dengan menggunakan jersey balap lengkap. Melainkan dengan memakai setelan jas hitam rapi dan dipadu dasi model kupu-kupu sehingga nampak lebih stylish serta pangling. Tentunya mereka bergaya demikian bukan untuk menghadiri pesta pernikahan, melainkan dalam acara spesial menyangkut ajang balap motor ini.

New RC3 Products

Hadirnya para rider tersebut untuk mengikuti perayaan 70 tahun kejuaraan dunia balap motor yang secara kebetulan juga berbarengan waktunya dengan putaran ketujuh musim balap MotoGP 2019 di Negeri Matador ini.

Dari sederet barisan lengkap pembalap di kelas para raja ini, nampak jelas penampilan rider gaek seperti Valentino Rossi, Maverick Vinales, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Alex Rins, Danilo Petrucci, yang terlihat mengelilingi poster bertuliskan perayaan 70 tahun balapan Grand Prix.

Sejarah mencatatkan jika awal mula lahirnya Grand Prix atau sekarang terkenal dengan MotoGP dimulai dari gelaran Isle of Man TT, suatu ajang balapan dengan trek lintasannya berada di jalan raya pada sebuah pulau di pantai wilayah Irlandia dan Inggris di tahun 1949 silam.

Dilansir dari laman MotoGP yang mencatat ada sekitar 929 ajang gelaran Grand Prix yang pernah digelar dengan 3.114 balapan untuk semua kategori. Giacomo Agostini tercatat sebagai rider asal Italia yang sudah meraih sebanyak 13 gelar juara dunia dari total sekitar 117 gelar. Lantas ada Mike Hailwood yang berhasil meraih 9 kali juara dunia.

Rekor yang sama dengan Hailwood juga diraih oleh Valentino Rossi dengan 9 gelar juara dunia. Posisi dari Giacomo Agostini juga punya rekor lain, yaitu 122 kemenangan alias podium. Juga hal yang sama di era sekarang ini diikuti pula oleh Valentino Rossi dengan 115 kali podium. Sedangkan Marc Marquez baru merasakan podium juara sebanyak 73 kali.

Selain itu dari sebanyak 718 pembalap yang finish di urutan tiga besar pada semua kategori, The Doctor sudah naik podium sebanyak 234 kali. Dani Pedrosa sebanyak 153 kali, lalu Jorge Lorenzo 152 dan Angel Nieto 139 kali.

Spanyol menjadi negara yang menjadi tuan rumah terbanyak dengan menggelar 400 balapan, kemudian ada Italia yang telah menggelar 347 kali balapan.

Dari sisi tim motor, Honda menjadi tim pabrikan yang telah mengoleksi sebanyak 776 kali singgasana juara semua kategori, dan posisi tersebut mengungguli Yamaha dengan raihan 502 kali, lalu disusul oleh Aprilia 294 kali dan Suzuki 157 kali.