Kratingdaeng Subang Enduro Rally Race 2019 : Event Perdana Enduro Sesungguhnya di Indonesia, Kota Nanas di Sambangi Rider Negeri Kangguru

315
Salah satu rintangan Enduro Rally Race berupa tumpukkan batu terjal
sss

OtomotifZone.com – Subang. Geliat kota Subang, Jawa Barat, pada akhir pekan lalu, Sabtu-Minggu, (6-7/7), nampak berbeda dari biasanya yang terlihat di kawasan Lapang Bintang, GOR Gotong Royong, tempat berlangsungnya event ajang ketahanan motor bertajuk Kratingdaeng Subang Enduro Rally Race 2019. Pasalnya dalam dua hari tersebut diadakan gelaran yang sering diadakan di luar negeri terutama Australia.

New RC3 Products

Makanya tidak heran jika ada sekitar enam rider bule asal Negeri Kangguru tersebut berada di kota terkenal dengan buah Nanas ini untuk meramaikan gelaran enduro rally sesunguhnya. Karena jika disimak dari segi eventnya ini, sangat berbeda dan jauh sekali dengan ajang enduro yang sering dilihat dan diadakan di Indonesia.

Diselenggarakannya event ini atas gagasan serta ide dari Bangbang Supalar dari komunitas Tankas Subang dan Mick Turnbull, salah satu rider ajang International Six Days Enduro yang beristrikan orang Subang. Rencana awalnya ini tercetus dari bulan Januari tahun ini, dan baru terlaksana pada akhir pekan lalu. Makin salutnya lagi para rider bule yang hadir merupakan pembalap yang terbilang spesialis ajang enduro rally di Australia.

Bangbang Supalar dan Mick Turnbull, penggagas Kratingdaeng Subang Enduro Rally Race 2019
Bangbang Supalar dan Mick Turnbull, penggagas Kratingdaeng Subang Enduro Rally Race 2019

Diantaranya ada Chris Perry yang berlaga di gelaran Australian Extreme Enduro, lalu ada Dru Berryman, Damien Scurlock, Brad Snell, Nick King, para rider yang bermain di ajang Former Australian 4 Days Enduro. Mereka hadir ke Subang secara sukarela dan inisiatif sendiri hanya untuk memperkenalkan gelaran Enduro Rally Race sesunguhnya, dan di event balap kemarin lebih ke membimbing peserta dari Indonesia untuk mengenal teknik dan cara serta regulasi yang ada pada ajang ini.

“Meskipun sangat disayangkan jika peserta yang hadir sangat sedikit sekali, padahal ini ajang sangat bagus untuk nantinya bisa diadakan di Indonesia. Karena masih banyak yang belum paham dan tahu dengan Enduro Rally Race ini juga mereka berfikir akan balapan bareng dengan rider bule. Semoga saja diantara peserta yang hadir sekarang bisa tahu tentang sistem dan aturan di event ini untuk nantinya bisa diadakan lagi,” ungkap Bangbang Supalar.

Sama juga disampaikan oleh Mick Turnbull. “Jelas sangat berbeda dengan event enduro yang biasa diadakan di sini (Indonesia). Jika di Australia sana ajang ini sama dengan yang biasa diterapkan dengan sistem internasional, disini kita sesuaikan lagi dengan kondisi para ridernya. Seperti track di hari pertama (Sabtu) yang masih dalam simulasi masih dianggap mampu dilewati dengan mudah oleh peserta lokal dari Indonesia, lalu dihari kedua dengan lintasan seputaran Lapangan serta rintangannya pun tidak terlalu ekstrim,” ujar Mick Turnbull yang menerangkan secara langsung dan sangat antusias pada otomotifzone.com dengan cukup ramah ini.

Penyelenggara dan para rider bule di ajang Enduro Rally Race
Penyelenggara dan para rider bule di ajang Enduro Rally Race

Bukan hanya Bangbang serta Mick saja yang mengungkapkan hal sama, namun para rider bule pun berharap jika event ini kelak bakal diadakan lagi di Indonesia karena ini merupakan ajang pertama kalinya diselenggarakan di sini. “Saya baru pertama kali datang ke Indonesia dan coba langsung bermain di ajang Kratingdaeng Subang Enduro Rally Race ini, pengalaman sangat menarik ditambah kondisi cuaca cukup panas. Tapi saya have fun dengan antusias peserta disini serta penonton yang juga ramah. Sangat bagus kalau nanti akan diadakan lagi ajang seperti ini di Indonesia,” sebut Chris Perry.

“Yang penting tinggal bagaimana untuk sesuaikan dengan aturan dan regulasi antara event ini dan juga IMI nya, karena mereka masih belum paham soal Enduro Rally Race ini. Padahal ajang ini sudah lama diadakan di luar negeri, agar nantinya bisa ada juga rider dari Indonesia yang dapat bermain ke luar dan bisa berprestasi di Enduro Rally Race. Seperti yang pernah diikuti pula oleh Bangbang ketika hadir di Australia pada 2 tahun lalu mengikuti gelaran ini dan sekarang justru mengadakan sendiri ajang ini di Subang,” kata Mick Turnbull yang juga diiyakan oleh Bangbang.

Penulis : Obeth | Foto : Obeth