Andalkan Postur Bodi Jangkung, Sulastri Siap Tampil di Event Kontes HMC Cirebon Agustus Mendatang

149
Fikri Maryudi siap bawa Sulastri tampil di ajang HMC Cirebon
Fikri Maryudi siap bawa Sulastri tampil di ajang HMC Cirebon
sss

OtomotifZone.com – Kuningan. Kenalin nih sobat otozoners, dengan Sulastri yang memiliki postur bodi jangkung, ramping dan pastinya nampak seksi ini. Tapi jangan kecele dulu dengan yang dimaksud oleh Sulastri ini, karena bukan nama dari sosok wanita pada umumnya. Akan tetapi julukan yang disematkan oleh Fikri Maryudi pada Honda C700 alias Supercub lansiran tahun 1981. Jika disimak dari namanya ini memang sangat unik, apalagi dengan tema modifikasi yang diterapkan lebih condong pada genre custom. Biar gak penasaran, kita ulas saja modifnya ini.

New RC3 Products

Untuk konsep customnya ini, Fikri lebih pede usung model choppercub. Yaitu tampilan chopper dengan gunakan basic mesin supercub yang punya dimensi kecil. Alasannya agar lebih simpel dan sejak dahulu memang sangat kepincut pada motor Honda tipe C-series. Makanya wujud motor langsung dirombak total untuk diubah pada bentuk yang identik dengan bagian sokbeker depan dan setang kemudi berukuran panjang.

Kerangka tulang alias frame motor terpaksa dipermak lagi terutama pada area sasis tengah. Disektor ini ditambahkan potongan pipa besi seamless seukuran rangka tengah, kira-kira 52 mm dan panjangnya sekitar 10 cm. Ini untuk menyeimbangkan posisi setang dan sok depan yang juga panjang. Tidak lupa sasis penopang jok dipangkas sedikit supaya nantinya tidak terlalu tinggi, karena akan pasangkan jok model berundak dan agak tinggi.

Bagian ubah frame ini juga dibikin rigid alias tanpa adanya sokbeker belakang. Terlihat jelas di rangka penahan mesin dengan rancangan pipa seamless ukuran 22 mm, yang menyasar pula ke bagian belakangnya. Kata Fikri hal ini biar lebih kena dengan tema yang pas sesuai chopper.

Sasis belakang dibikin rigid

“Sok depan dari potongan pipa seamless ukuran 19 mm, dengan panjangnya sekitar 82 mm dan bentuk serta modelnya dari motor klasik. Diatasnya diberi tambahan model girder fork, jadi bukan springer,” kata Unyil, sapaan akrab Fikri.

Setelah membuat bentuk jok model berundak atau bersusun ala King and Queen, pada bagian belakangnya diberi tambahan besi yang menjulang tinggi ke atas atau lebih identik dengan sebutan sissy bar. Yang terbuat dari besi beton 12 mm dengan panjang sekitar 93 cm.

Frame dibuat panjang dan kuat menopang mesin
Frame dibuat panjang dan kuat menopang mesin

Makin selaras konsepnya, saluran pelepas gas buang akhir atau knalpot terbuat dari potongan pipa besi 1 inch dengan ketebalan 2,5 mm dan panjangnya 1,5 meter.

Di soal pewarnaan pada sekujur bodi motornya, Unyil serahkan pada Eri punggawa AMS Paint dengan laburan warna biru metallic. Makin kontras paduan warna dominan biru dengan hitam serta unsur lapisan cairan krom, pada beberapa bidang motor.

“Sulastri ini dipersiapkan untuk ajang kontes HMC (Honda Modif Contest) di kota Cirebon, bulan Agustus mendatang. Tapi nanti juga akan sedikit diberi tambahan pemanis lainnya, supaya makin pas dengan konsep chopper cubnya ini,” tukas Unyil, yang juga salah satu punggawa dari Glinding Kustom (GK), di kawasan Jl. Raya Beber-Kuningan, Ds. Sindangkasih, Beber, Kabupaten Cirebon.

Data Modifikasi :

  • Pelek depan : Thunder
  • Pelek blkg : Kustom
  • Ban dpn : IRC Inoue 250-18
  • Ban blkg : Cheng Shin 110/90-16
  • Lampu depan : Fog lamp mobil
  • Shiftknob : Kustom by Juragan Junkyard
  • Glinding Kustom : 0896-1370-9866 atau
    0896-7565-6513

Penulis : Obeth | Foto : Obeth