Adu Jenius Perang Ban Michelin

0
1257
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Sejak awal kembalinya ke kejuaraan MotoGP pada awal musim ini, Michelin datang dengan banyak Flack. Berawal dari Loris Baz ledakan ketika kecepatan tinggi pada ujicoba di Sepang (meski pada akhirnya penyebab ledakan karena tusukan pada ban) dan pemilihan ban yang terjadi di Brno sungguh mengejutkan.

Tapi apa yang dapat mereka lakukan sejauh ini selama musim bergulir merrupakan sebuah kerja keras. Entah bagaimana, mungkin karena mereka bekerja untuk menghasilkan ban baru yang sesuai dengan mesin MotoGP, sehingga mereka dapat menghasilkan sebuah perang kejeniusan para rider dalam memilah ban dalam satu seri balapan.

Mereka menyediakan banyak pilihan ban untuk para rider tiap minggunya, dan memastikan bahwa ban yang berbeda dapat digunakan dengan secara sukses oleh mesin dan horsepower yang berbeda pula. Dibandingkan dengan tahun lalu, ketika keadaan yang normal para rider cenderung memilih ban yang seragam, dimana ketika itu masih di suplai oleh Bridgestone. Bahkan ketika balapan Moto2, para rider menggunakan kombinasi tipe ban yang relative sama dari Dunlop.

Apa yang telah terjadi pada hasil yang mengejutkan dengan musim yang kompetitif dalam sejarah balap Grand Prix. Seperti yang sudah kita saksikan tahun ini dari waktu ke waktu, mulai kemenangan sensasional Cal Crutchlow pada sirkuit basah dan juga kemenangan yang baru saja terjadi ada Dani Pedrosa. Dimana setiap pembalap dapat melakukan pemilihan yang beresiko dan berjudi untuk pilhannya sehingga keputusan tersebut dibayar dengan sebuah kemenangan.

Bahkan lebih baik dari sebelumnya, dan tidak ada bumbu pertarungan balap Grand Prix yang hilang. Kini para rider dapat menunjukkan skillnya dengan memilih ban yang sesuai dengan apa yang hendak mereka tunjukkan, bahkan para rider tidak menunjukkan peningkatan jumlah kecelakaan dibanding pada mulim lalu. Sekarang kita dapat menyaksikan balapan yang lebih kompetitif dan lebih seru.

Penulis: Budi Kurniawan | Foto: motorcyclenews.com

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.