Akali Shockbreaker Yamaha Byson KW, Biar Membal Seperti Aslinya

1
203
sss

OtomotifZone.com – Kuningan – Motor yang telah di ubah pada genre custom biasanya banyak mengganti beberapa part atau komponen utama untuk dapat menunjang tampilan serta performa ketika dibawa riding. Apalagi untuk basis motor tipe sport yang paling dominan di ganti adalah sistem peredam kejut di area depan dengan yang lebih kekar dan besar, semisal sokbeker Yamaha Byson. Namun penahan daya laju beban ini terdapat dua tipe, yaitu asli maupun versi KW alias abal-abal. Dan biasanya banyak yang memilih bukan asli atau original karena dirasa lebih ekonomis terutama soal harganyaa yang murah.

Tapi untuk dapat mengakali kinerja dari penahan daya redam sok Byson KW ini, ada trik jitu supaya fungsinya tersebut dapat bekerja maksimal seperti sokbeker aslinya Byson. Tentu dengan mengganti sebagian kecil komponen serta cairan pelumasnya alias oli. Tapi bagi sobat yang sudah terlanjur menggunakan sok Byson abal-abal ini gak perlu khawatir untuk keluar biaya banyak, pasalnya tips kali ini dianggap murah apalagi tidak harus menguras kantong lebih dalam.

Tentunya jika dihitung dengan rincian awal dari menebus sok Byson KW di kisaran Rp 900 ribuan hingga Rp 1 jutaan ini dinilai efisien kalau harus membeli sok versi aslinya yang mencapat Rp. 2 juta lebih. Dan untuk servis peredam kejut Byson KW ini justru lebih hemat, karena hanya ganti di bagian dalam sokbeker yaitu per dan pelumas saja yang harus di akali.

“Ganti kedua komponen itu saja dari sok Byson KW ini. Per sokbeker pakai aslinya Byson ori, harganya murah sekitar Rp 40 ribu satu, dan beli dua berarti cuma Rp 80 ribu. Itu jaminan di segi kualitasnya, karena per sok asli Byson itu lebih kuat dibanding yang KW,” ungkap Kholiz Nur, yang sering menerapkan sok Byson KW pada motor custom para konsumen.

Sebelumnya memang tidak banyak yang tahu tentang kendala di dalam perangkat sokbeker Byson KW ini, karena seringnya malah langsung di terapkan saja tanpa melakukan setingan lagi pada bagian dalam komponen soknya itu. Paling kentara saat riding akan terasa keras dan seperti tidak membal karena daya redamannya kurang. Sehingga membuat tangan jadi cepat capek dan pegal.

Selain itu, Kholiz Nur juga kasih saran supaya turut mengganti cairan pelumas alias oli sokbeker dengan oli mesin literan. “Justru pakai oli mesin literan alias ketengan itu fungsi sokbeker jadi lebih empuk, karena lebih kental dan mampu memperlambat redaman soknya. Beberapa motor konsumen yang saya terapkan seperti itu merasa lebih enak dan nyaman,” ungkap Ebod, sapaan akrab Kholiz Nur yang buka gerai modifikasi Saung Kustom di kota Kuningan, Jawa Barat ini.

Boleh di coba nih tipsnya untuk sobat bikers yang sudah memasang sokbeker Byson KW dan mengalami kendala seperti itu!

Penulis : Obeth | Foto : Obeth

Imola Syndrome

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.