Begini Tips Sehat #DirumahAja Ala Instruktur Safety Riding DAM

0
26
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Kesehatan merupakan salah satu hal penting yang harus selalu di jaga, karena hal itu mencakup segala aspek dalam kehidupan kita mulai dari beraktivitas sehari-hari seperti bekerja, berolahraga, bahkan berkendara menggunakan sepeda motor pun membutuhkan fisik yang prima dari pengendara.

Fisik yang kurang baik tentu akan menyebabkan berkurangnya tingkat konsentrasi pada otak kita saat berkendara, sehingga membahayakan sebagai pengendara ataupun orang lain. “Olahraga selama 20 menit setiap hari salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita,” buka Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Olahraga ringan dapat dilakukan di rumah tanpa harus ke tempat kebugaran ataupun di arena olahraga, karena akan memiliki waktu lebih banyak dan tidak perlu usaha yang berat untuk melakukannya. Berikut ini ada beberapa tips sehat #dirumah aja dari instruktur safety riding DAM, diantaranya :

Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan #dirumahaja
  1. Push Up
    Push Up
    merupakan salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah secara mudah, dengan cara posisi telungkup menghadap ke lantai kemudian di bagian dada tangan kita dorong ke atas dan gerakan ini untuk melatih otot dada. “Push up juga berfungsi memperkuat kekuatan tangan saat berkendara,” ujar Ludhy. Gerakan ini dilakukan sebanyak empat set, dan setiap set dilakukan sebanyak 15 kali hitungan.
  2. Sit Up
    Sit Up merupakan gerakan untuk melatih otot perut yaitu dengan cara berbaring telentang sambil menekuk kedua lutut, lalu sentuhkan ujung jari tangan di belakang telinga dan bangunkan tubuh dari lantai lalu dekatkan dada ke paha. Kemudian turunkan lagi tubuh ke lantai dengan posisi yang semula dan lakukan sit up ini sebanyak 4 set, masing-masing 15 kali.
  3. Squat
    Squat adalah olahraga yang bisa juga di lakukan di rumah karena tidak membutuhkan ruangan besar atau lebar. Salah satu cara melakukan squat adalah di awali dengan posisi berdiri, lalu regangkan kaki sejajar dengan bahu. Kemudian turunkan badan hingga posisi kaki membentuk sudut 90 derajat (dengan melakukan setengah jongkok), lalu kembali ke posisi berdiri seperti semula. Gerakan ini dilakukan sebanyak empat set masing-masing 15 kali. “Melakukan squat dengan rutin berfungsi memperkuat kekuatan otot kaki dan paha,” jelas Ludhy.
  4. Jumping Jacks
    Jumping Jacks dilakukan dengan memposisikan badan berdiri tegak, lalu melompat dengan kedua tangan keatas diiringi posisi melebar. Kemudian melompat kembali dengan gerakan kembali seperti semula, lakukan secara berulang agar tubuh jadi sehat dan mengeluarkan banyak keringat. “Gerakan ini berfungsi melatih otot kaki ketika berkendara, memudahkan menjaga keseimbangan motor. Lakukan jumping jacks pada pagi atau sore hari dimana saja, baik di dalam ruangan maupun diluar ruangan, tidak memerlukan tempat yang lebar atau besar,” ujar Ludhy.
  5. Plank
    Plank dilakukan untuk membentuk otot perut dengan mengambil posisi push up kemudian tekuk siku hingga membentuk 90 derajat, tahan badan menggunakan bagian dari telapak tangan hingga menuju siku. Lakukan gerakan ini hingga kita merasa tidak kuat lagi untuk menahannya dan lakukan minimal selama 30 detik. Dapat pula ganti tumpuan kaki dengan lutut sama seperti melakukan push up. “Lakukan olahraga sederhana tersebut dirumah secara rutin untuk tetap menjaga tubuh selalu sehat dan prima walau sedang #dirumah aja,” kata Ludhy.

Selain gerakan di atas, kita bisa kombinasikan dengan senam ataupun olahraga yang kita sukai agar olahraga menjadi lebih menyenangkan dan tidak menjadi beban untuk kita semua.

Selalu rajin olahraga agar fisik tetap prima saat berkendara.
Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.