Bongkar Rahasia Mekanik Dealer : Bikin Motor “Ngacir” Anti “Ngadat”

0
279
Bongkar Rahasia Mekanik Dealer
Bongkar Rahasia Mekanik Dealer
sss

OtmotifZone.com – Bandung. Sebagai pengguna kendaraan sepeda motor, khususnya yang memiliki mesin 4-tak jangan sampai mengalami hal-hal buruk, seperti tarikan motor terasa berat yang lama di pakai semakin boros bahan bakar, bahkan sampai mengeluarkan asap putih.

“Asap putih yang keluar dari knalpot sepeda motor mesin 4-tak dikarenakan adanya pelumas atau oli yang ikut terbakar pada ruang bakar, baiknya periksa 5 bagian penting ini,” ungkap Ade Rohman, Technical Service Sub Dept. Head PT Daya Adicipta Motora.

Ring Piston Patah

Ring Piston Aus
Fungsi ring piston adalah untuk menjaga kompresi dan juga menyapu oli di dinding silinder agar tidak masuk ke ruang bakar. Jadi jika ring piston aus sudah bisa dipastikan oli akan merembes masuk ke ruang bakar sehingga akan ikut terbakar bersama bahan bakar pada saat terjadi pembakaran dan berubah menjadi asap putih yang keluar melalui knalpot.

Pisnton Rusak

Piston Aus
Dalam hal ini karena piston sebagai tempat duduknya ring piston, maka apabila piston mengalami keausan melebihi batas servis bisa dipastikan juga akan ada oli yang merembes ke ruang bakar karena ring piston tidak bisa duduk dengan sempurna sehingga akan mengeluarkan asap putih pada knalpot.

Liner/Blok Silinder Aus
Pada bagian liner juga jika sudah mengalami keausan maka kinerja dari ring piston menjadi tidak maksimal, sehingga oli akan masuk ke ruang bakar dan terbakar bersama bahan bakar.

Gasket Kuning Lebih Baik

Gasket/Paking Kepala Silinder
Jika paking kepala silinder mengalami keausan pasti oli di saluran pelumasan dari pompa oli menuju ke bagian atas mesin akan merembes ke ruang bakar.

Valve Guide (Bos Klep) & Seal
Komponen tersebut jika mengalami kerusakan atau keausan juga akan menyebabkan oli mesin merembes masuk ke ruang bakar dan terbakar bersamaan dengan bahan bakar sehingga akan terlihat asap putih keluar dari knalpot.

Selalu cek kondisi sepeda motor sebelum ridding.
PT Daya Adicipta Motora.

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.