Calang Country Adventure (C2A) Aceh Jaya: Semangat Bangkit Usai Sakit

0
713
sss

OtomotifZone.com – Aceh. Di balik musibah selalu ada hikmah tersembunyi yang kadang tak diketahui manusia. Dari sebuah kehancuran timbul semangat untuk bisa bangkit kembali. Inilah yang melatarbelakangi lahirnya komunitas Calang Country Adventure (C2A) di Aceh Jaya.

Kota Calang adalah ibukota Kabupaten Aceh Jaya di provinsi Aceh. Kota kecil ini dapat ditempuh dengan jalan darat dari Banda Aceh sekitar dua jam dan dari Meulaboh sekitar satu setengah jam. Potensi wisatanya menjanjikan karena daerahnya berteluk dan dihiasi bukit kecil, pulau serta pantainya masih alami. Kuliner yang dikenal adalah mie patek.

Calang merupakan salah satu dari kawasan di pesisir barat Aceh yang mengalami kerusakan terparah saat gempa dan tsunami tahun 2004 silam. Boleh disebut kota ini porak poranda. “Saat itu kondisi seluruh kota rata dengan tanah,” ungkap Tuan Aiyu Fatrialis Akbar, penggemar trail adventure mengenang masa lalu.

Semangat bangkit kembali muncul seiring waktu berjalan. Solidaritas datang dari berbagai pihak. Pelopor utama lahirnya C2A antara lain Bupati Aceh Jaya Ir Azhar Abdurrahman dan mantan Kapolres Aceh Jaya AKBP Abdul Azas Siagian serta tokoh masyarakat dan pengusaha daerah setempat, termasuk Fatrialis Akbar.

Awalnya ada 10 rider sebagai cikal bakal. Semakin hari animonya semakin besar seiring semangat kebersamaan. Kini telah gabung 35 rider petualang di bawah panji C2A yang secara resmi dibentuk 27 September 2014. “Kami perlu bangga karena di Aceh, Kabupaten Aceh Jaya paling aktif Muspidanya ikut bermain trail,” beber Hanasri, ST yang didaulat menjadi Ketua C2A.

Buktinya sebuah event besar yakni AJETA (Aceh Jaya Enjoy Trail Adventure) yang digelar 16-17 April 2016, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Aceh Jaya ke-14 menjadi perekat solidaritas dalam semangat kebersamaan.

Apalagi olahraga lintas alam dengan trail ini sangat mendukung dengan kondisi geografis daerah Aceh Jaya. “Kami berada di pesisir pantai barat-selatan yang lautannya berbatasan langsung dengan lautan Hindia. Maka saat event AJETA dibuatlah konsep rute GURALAMSANTAI, singkatan dari gunung rawa laut melintasi sungai dan pantai,” pungkas Fatrialis sebagai konseptor rute.

Penulis: Noverry Darwin | Foto: Doks C2A

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.