Coaching Clinic Ladies Racer 2020 Tasikmalaya : Pembelajaran Teknik Balap Yang Baik dan Benar

0
125
Women In Motorcycling
Women In Motorcycling
sss

OtomotifZone.com – Tasikmalaya. Sirkuit Bukit Peusar yang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat, hari Selasa (20/10), kemarin, jadi ajang Coaching Clinic Ladies Racer yaitu teknik pembelajaran balap yang baik dan benar. Gelaran yang di adakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) ini di ikuti 20 peserta pembalap wanita dari berbagai daerah.

Diantaranya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, juga dari Jawa Timur. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan yang dilakukan satu hari ini dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, mencuci tangan sebelum acara di mulai hingga menggunakan masker selama kegiatan berlangsung.

Women In Motorcyvling
Walking on the Track

“Kami mengadakan kegiatan ini untuk dapat memberikan edukasi bagi pembalap wanita Indonesia terutama yang hadir sekarang supaya dapat mengetahui semua hal dalam balapan. Meski pada dasarnya mereka sudah tahu namun agar lebih memahami lagi seperti teknik menikung, titik pengereman, warna dan arti bendera di balapan,” ujar Medya Saputra, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor PP IMI.

Gelaran kali ini turut di mentori langsung oleh Nanda Indira Jeany, atau lebih akrab dengan nama Jeany Momo, mantan pembalap road race wanita era 2000-an silam yang kini aktif sebagai Direktur Woman In Motorcycling di PP IMI.

Adapun untuk materi yang di berikan oleh Nanda Indira Jeany ini adalah simulasi teknik balap motor yaitu Teknik atau Simulasi Start, Teknik Pengereman, Teknik Menikung, Offensive dan Defensive Riding kepada seluruh peserta yang hadir.

Women In Motorcyvling
Praktek langsung di sirkuit menggunakan sepeda motor manual

Sebagai upaya pembelajaran secara langsung yang pertama dilakukan adalah Stretching atau pemanasan, relaksasi kemudian Walking on the Track atau pengenalan sirkuit dengan cara berjalan mengitari lintasan, mulai dari garis start, cara masuk yang benar saat di tikungan, hingga titik pengereman.

Untuk semakin memahami bagi peserta terkait isi dari materi tersebut turut dilakukan praktek langsung dengan mengendarai sepeda motor balap di sirkuit.

“Tentu saja hal ini untuk membiasakan diri bagi pembalap wanita yang mungkin sudah terbiasa dengan motor matik saat balapan tapi sekarang dengan motor gigi atau menggunakan persneling,” kata eks pembalap wanita asal Jawa Timur tersebut.

Selanjutnya acara dirangkai dengan Materi Peraturan Perlombaan Balap Motor dan Instruksi Bendera serta Materi Safety Sirkuit dan Medical Support yang di sampaikan oleh Donny Mahardjono, selaku Direktur Balap Motor dan Arifin Subehan, sebagai Direktur Drag Bike PP IMI.

Penulis : Obeth | Foto : Obeth

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.