Data Telemetri MotoGP Berisiko di Manipulasi

0
18125
sss

OtomotifZone.com – Bandung. MotoGP Director Of Technolody Corrado Cecchinelli dalam mengawasi regulasi batas RPM dan kemiringan kecepatan sudut untuk kelas MotoGP, menggunakan perangkat canggih IMU (Intertial Measurement Unit).

Biasanya IMU digunakan untuk mengukur dan melaporkan kecepatan, kemiringan dengan mengkombinasikan akselerometer dan giroskop/magnetometer pada manuver pesawat termasuk kendaraan tak berawak.

Semenjak ada perubahan aturan yang lebih praktis dalam control IMU, untuk menutup kesenjangan laporan data teknis mesin, Cecchinelli menemukan indikasi data kecepatan sudut dapat dimanipulasi oleh tim pabrikan.

Ini tidak masalah jika IMU hanyalah sensor, tapi jauh dari itu IMU memiliki ‘otak’ yang diprogram sendiri yang dapat memberikan angka perbaikan/koreksi yang mempengaruhi ECU.

“IMU adalah otak yang penuh dengan sensor dan memiliki firmware yang menerapkan matematika. Jadi ada perhitungan yang dilakukan disana dan ada kemungkinan untuk dimanipulasi,” kata Cecchinelli.

Saat MotoGP akhirnya mencapai kesepakatan dengan pabrikan untuk menggunakan satu ECU wajib beserta perangkat keras dan perangkat lunaknya saat tahun 2016, IMU lolos dari pengawasan.

Jadi ada kemungkinan kecepatan dan sudut yang kita lihat itu bukanlah data sebenarnya, melainkan data yang sudah dimanipulasi agar seolah-olah terlihat masih dalam rentang regulasi.

Menurutnya, bergerak ke IMU tunggal yang sudah distandarisasi merupakan langkah praktis yang bisa dilakukan sekarang.

Penulis : Jody Rusli | Photos : Crash.net

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.