Dinas Pariwisata Ciamis Mengajak Komunitas Mobil Promosi

0
76
sss

OtomotifZone.com – Ciamis. Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis melakukan promosi wisata saalah satu caranya dengan mengajak berbagai komunitas mobil. Kegiatan yang berlangsung pada Hari Minggu (29/11/2020) melibatkan puluhan mobil dari berbagai komunitas atau klub yang ada di Ciamis.

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia, S.Ag., M.M, mengajak berbagai komunitas mobil tersebut merupakan salah satu upaya promosi. Budi juga mengakui pihaknya tidak akan mampu melakukannya sendiri tanpa adanya peran serta dari seluruh elemen masyarakat.

Ciamis
Kabid Promosi (Kiri) dan Sekdin Pariwisata Kabupaten Ciamis

Budi pun menambahkan pihaknya menyadari pemerintah tidak dapa menangani permasalahan sendiri saat pandemi Covid-19 merupakan masalah bersama. “Jika sosialisasi ajakan pada masyarakat secara kedinasan dilakukan sendiri, saya yakin jangkauannya tidak akan jauh,” jelasnya. Sehingga pada acara tersebut Dinas Pariwisata mengajak komunitas mobil untuk turut serta mempromosikan wisata dan kampanye protocol kesehatan Covid-19.

Iring-iringan puluhan mobil dari berbagai komunitas terlebih dahulu kumpul di Tourism Information Centre (TIC), dan dilepas langsung Kepala Dinas Pariwisata. Namun sebelumnya, para komunitas memasang stiker berisi ajakan untuk menerapkan protocol kesehatan dan juga destinasi wisata di Ciamis.

Komunitas Mobil Promosi Wisata dan Kampanye 3M

Selain melakukan promosi wisata, puluhan mobil melakukan kampanye Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan (3M). Dengan mendapatkan pengawalan dari Polres Ciamis, dan juga dari BPBD Ciamis puluhan mobil sekitar pukul 9.00 mulai bergerak menuju Karangkamulyan. Karangkamulyan merupakan salah satu destinasi wisata peninggalan Kerajaan Galuh sekitar abad ke-6, atau sering masyarakat menyebutnya Objek Wisata Ciung Wanara.

mobil polisi
Mendapatkan Pengawalan

Sebagian peserta membagikan masker pada pengunjung sebagai bentuk ajakan untuk terus menerapkan protocol kesehatan salah satunya dengan memakai masker. Kemudian peserta melanjutkan perjalanan menuju Astana Gede Kawali dengan melewati jalur Cisaga, Rancah, Rajadesa dan Kawali.

Iring-iringan berjalan dengan tertib tanpa ada yang ugal-ugalan, sehingga menjadikan masyarakat menyaksikan iring-iringan dengan puluhan mobil dari berbagai komunitas. Terlebih yang menjadi pusat perhatian masyarakat adanya pengumuman atau ajakan dari pengeras suara yang berasal dari mobil BPBD Ciamis.

kijang
Peserta Tertib

Setelah tiba di Astana Gede Kawali, sebelum melakukan Istirahat, Sholat dan makan, peserta memasuki Astana Gede dan mendapatkan paparan sejarah. Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis menyampaikan sekilas tentang keberadaan Galuh, kemudian Ilham Purwadipraja melanjutkan tentang sejarah Astana Gede.

kijang
Pemaparan Sejarah

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Toto Rismanto menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya promosi wisata. “Salah satunya dengan kegiatan ini, dan ini merupakan sebagian dari upaya kami untuk melakukan promosi wisata,” jelas Toto.

Menurut pria yang kerap mendapat sapaan Abah ini, pihaknya bukan hanya promosi wisata saja, tapi juga melakukan kampanye protocol kesehatan. “Tidak melalui promosi saja, kita juga lebih mengedepankan protocol kesehatan saat pandemi sekarang ini,” jelas Abah.

Abah juga meyakinkan masyarakat untuk melakukan wisata di Ciamis saja, tentunya dengan tetap menerapkan 3M. Abah juga menyampaikan pihaknya telah melakukan sosialisasi pada petugas tempat wisata, dan juga sarana cuci tangan pun tersedia.

Sementara itu peserta menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut, terbukti antusias peserta saat memasang stiker dan juga saat mengikuti kegiatan. Peserta nampak enjoy meskipun mobilnya harus memasang stiker yang merupakan promosi serta ajakan menerapkan 3M.

Penulis : Yeyep | Foto : Yeyep

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.