#DirumahAja, Yuk Cek Busi Kendaraan Anda

0
24
sss

OtomotifZone.com – Jakarta. Dalam situasi seperti ini, banyak para pekerja dan kegiatan harus ditiadakan. Beberapa kantor diliburkan dan beberapa kegiatan otomotif semacam event dan touring ditiadakan. Ini semua karena merabahnya virus Corona di beberapa daerah di Indonesia. Sampai sampai hastag #DirumahAja naik menjadi trending topik.

Nah kali ini NGK Busi memberi sedikit ilmu. Terutama kepada kalian yang memiliki kendaraan. Yuk cek Busi kalian mumpung kalian tidak ada kegiatan. Sebab busi merupakan bagian penting dalam kendaraan. Makannya cek dulu sebelum kendaraan kalian dipakai.

Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya membutuhkan kunci standar untuk membuka
compartment, kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing, serta tambahan kaca pembesar
untuk melihat seberapa kerusakan busi kita.

Busi yang sudah dibuka segera dilakukan pengecekan dengan menggunakan kaca pembesar untuk dilihat gejalanya. Gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan normal pun bisa kita lihat secara jelas. Secara normal pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi kalau sudah seperti ini penggantian busi menjadi alternative pilihan yang terbaik dibandingkan membersihkannya.

Untuk proses membersihkannya juga perlu diperhatikan beberapa hal, kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja kemudian di bersihkan menggunakan kain. Tidak disarankan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat.

Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru dan itu membantu kita mengembalikan performa busi menjadi seperti baru agar kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi lebih terjamin

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.