Duo Pembalap Humpuss Junior Racing Team Kibarkan Merah Putih di Shanghai

0
1016
sss

OtomotifZone.com – Shanghai. Darma Mangkuluhur Hutomo pembalap Humpuss Junior Racing Team (HJRT) yang turun di kategori Asia Formula Renault 2.0 pada Race 1 yang berlangsung 10 lap, yang mengawali balapan dari grid kedua berhasil mempertahankan posisinya sampai dengan garis finish dan berhak naik podium sebagai juara 2.

Sedangkan race 2 yang juga berlangsung dalam 10 lap pada sore harinya, Darma yg kembali menempati start dari kedua berhasil disalip Maxx Ebenal (Kanada) pada di lap pertama. Darma berusaha kembali alih posisi Maxx, namun karena terlalu ambisius sehingga mobilnya sedikit melebar dan mengakibatkan spun dan turun ke posisi 7. Race pun harus dihentikan karena ada mobil yang berhenti di tengah lintasan.

Setelah re-start, Darma langsung menempel ketat pembalap Malaysia Najiv dan berhasil menyusul pada lap terahkir di tikungan 4, namun pada di tikungan 8, kendaraan Darma agak melebar sehingga Najiv kembali menyusul dan posisi bertahan sampai garis finish di urutan 4.

Ketatnya klasemen umum point antara urutan 3 hingga 5 yang hanya selisih 5 point, dengan hasil di race 2, Darma harus merelakan posisi 3 besar umum dan berada pada posisi 5 umum dengan terpaut 1 point dari Najiv (Malaysia) dan 4 point dari Maxx Ebenall (Kanada).

Sementara Yasuo Senna Iriawan pembalap HJRT yang tampil di Shanghai sebagai point leader mendapat perlawanan ekstra keras dari 14 pembalap tuan rumah lainnya. Secara overall hari Jumat, Senna menempati urutan kedua tercepat dengan beda 0,2 detik dari pembalap tuan rumah Yang Xu.

Senna mengeluh pada set up kendaraan terutama pada set up suspensi belakang. Setelah dilakukan perubahan, pada sesi latihan resmi ternyata mekanik melakukan perubahan yang salah sehingga mobil tidak dapat dikendarai, Senna berhenti 10 meter dari pit, karena mobil berjalan miring. Alhasil Senna tidak dapat melakukan latihan resmi dan harus langsung berjuang pada sesi QTT di sore harinya.

Walaupun dilakukan perubahan setting secepatnya, Senna gemilang merebut pole position untuk ke 4 kalinya musim ini dan berhak start 1 pada race 1. Untuk Renault Clio Cup Asia ada 2 sesi QTT, dan QTT 2 untuk posisi start race 2, dan tim Humpus sepakat dengan strategi “save tires”, Senna hanya akan melakukan 5 lap QTT dan alhasil start posisi 4 untuk Race 2.

Race 1, Senna melakukan start dengan mulus dan langsung memimpin sampai garis finish (10 lap) dengan meninggalkan saingan utamanya Kenneth Lau (China) dengan jarak 5,8 detik. Senna juga mencatat waktu tercepat pada race 1 dan berhak atas 2 point tambahan. Akhir race 1, standing point Senna sudah tidak bisa terkejar dan berhasil merebut titel “2015 Asia Renault Clio Cup” Champion.

Race 2, Senna start dari grid 4, kembali melakukan start dengan baik dan berhasil menempel ketat 3 pembalap depannya. Secara mengejutkan pada 2 tikungan terahkir lap 1 Senna langsung mendahului 3 mobil dan memimpin lomba terus sampai dengan lap 5.
Kenneth Lau terus menekan Senna, dengan strategi safety, Senna membiarkan Kenneth Lau menyusul dengan sengaja melebar pada jalur lurus setelah start dan lalu menempel ketat hingga garis finish di urutan kedua dan terpaut 1,2 detik dari Kenneth Lau.

Senna dengan bangga naik ke podium utama mengalungkan bendera merah putih dan dinobatkan sebagai “Juara Umum 2015 Renault Clio Cup Asia”.

Humpuss Junior Racing Team sangat puas dengan penampilan kedua pembalap mudanya di musim ini dan seluruh evaluasi akan langsung kami kerjakan untuk peningkatan di musim depan.

Penulis : Indra Gunawan | Foto : Dok Team

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.