First Drive: All New Toyota Sienta Galak di Putaran Atas

0
2410
Rombongan Media test Drive All New Toyota Sienta saat memasuki kawasan Paralayang, Batu
sss

OtomotifZone.com – Surabaya. Setelah melakukan handover kepada 10 pembeli pertamanya di Surabaya dan  mengirimkan total 120 unit All New Toyota Sienta kepada pembelinya di Jatim, Auto2000 Surabaya mengajak media untuk merasakan secara langsung gacoan barunya.

Rute Surabaya – Malang – Batu, jadi lokasi pembuktiannya. Apalagi All New Toyota Sienta diproduksi di pabrik Toyota Karawang, namun tetap sesuai standart Jepang.

“Kami sengaja mengajak rekan-rekan wartawan melakukan test drive All New Toyota Sienta tipe Q (tipe tertinggi). Agar bisa merasakan secara langsung kelebihan dan fitur-fitur yang dimiliki All New Sienta,” jelas Iksir Imanuwell Thoubi, Kepala Cabang Auto2000 Kertajaya, Surabaya disela Media Test Drive All New Toyota Sienta, Kamis (4/8).

Iksir menambahkan dipilihnya rute Surabaya – Malang – Batu (Paralayang, Klemuk) juga merupakan ajang pembuktian tentang kemampuan mobil matic.

“Selama ini orang banyak yang salah asumsi, menyebut mobil matic adalah mobil yang cuma dipakai di perkotaan. Lewat media test drive ini kita dapat membuktikan bahwa Hill Start Assist berfungsi dengan baik saat di tanjakan. Selain itu power mobil matic saat ini tidak kalah dengan mobil manual. Dan yag terakhir saat melibas jalan makadam kita dapat merasakan suspensi All New Sienta nyaman atau tidak,” sambungnya.

Benar saja, saat OtomotifZone.com (OZ) masuk ruang kabinnya dan duduk di bangku depan, posisi duduknya terasa nyaman dan lega. Pandang bebas, tidak terhalangi ke semua sisi. Untuk performa terbilang pas, baik pemakaian sehari-hari di dalam kota, namun tetap bertenaga untuk ke luar kota.

Peredaman sendiri OZ rasakan cukup bagus, tingkat kebisingan dari luar tidak terlalu mengganggu di dalam kabin. Begitu juga dengan kapasitas bagasi yang cukup lega, apalagi hanya diisi 4 penumpang plus tas bawaan.

All New Toyota Sienta tipe Q dengan transmisi otomatis benar-benar membantu saat kita berkendara di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung juga Malang yang identik dengan kemacetan. Tanpa menggunakan pedal kopling, membuat berkendara menjadi lebih menyenangkan.

Meskipun begitu mobil matic All New Toyota Sienta sangat tergantung dengan si pengendara. Karakter Sienta sangat tergantung dari injakan pedal gasnya, seperti yang OZ alami. Pada putaran mesin dibawah 3.000 rpm, mesin All New Sienta terasa sangat halus dan sedikit lambat responnya, namun saat pedal gas dibejek dan putaran mesin menyentuh 3.000rpm, mesin langsung berubah garang.

Yang harus diingat, kalau ingin memaksimalkan tenaga sebesar 105,5 dk dan torsi 140 Nm ini hindari menggunakan transmisi di posisi D. Sebab mesin hanya berteriak macam penyanyi metal (dari 3.000rpm hingga jarum mentok di 6.000rpm), tapi laju mobil terasa kurang. Jangan ragu untuk menggunakan fitur Sequential Sportmatic 7 percepatan.

Toyota berhasil meracik Girboks CVT layaknya gigi pada Girboks manual yang berpindah. Begitu juga saat downshift, efek engine break masih terasa.

Fitur Unik pada All New Sienta.

Box pendingin menjaga botol minuman tetap dingin
Box pendingin menjaga botol minuman tetap dingin

Saat berada disamping pengemudi, OZ penasaran dengan Upper Tray alias laci di bagian atas dasbor All New Sienta. Ternyata ketika dibuka dibagian atas sebelah kirinya terdapat semacam selot, yang berfungsi untuk mengalirkan angin dingin dari AC kedalam laci mungil. Hasilnya, jika botol minuman ditaruh didalamnya akan menjadi dingin.

Audio canggih dengan layar 7” Full Touch Screen yang dilengkapi fitur Mirroring untuk smartphone Android dan Iphone, sehingga memudahkan kita berkomunikasi lewat head unit.

Dive In Seat adalah bangku baris ketiga yang bisa dilipat di bawah jok baris kedua hingga rata dengan lantai Multy-Fungsi. Hal ini cukup efektif karena memberikan ruang lebih dan bikin ruang kaki lebih lapang.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.