Gelar Jamnas ke-48, Volkswagen Indonesia Terlihat Kian Profesional

0
7626
sss

OtomotifZone.com – Tasikmalaya. Tak terasa ajang gathering dan silaturahmi bergengsi komunitas dan club Volkswagen (VW), Jambore Nasional (Jamnas) VW Indonesia (VWI), telah 48 kali digelar.

Event dua tahunan yang dilakukan bergilir di setiap provinsi di Indonesia, serta kerapkali melibatkan ribuan peserta dan pengunjung ini terlihat kian profesional dalam penyelenggaraan. Hal tersebut nampak dari perhelatan Jamnas yang tahun ini diselenggarakan di Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu – Minggu (19-20/8).

Acara yang digagas VWI dan didukung Volkswagen Club Tasikmalaya (Vecta) selaku tuan rumah berjalan sukses dan lancar. Panitia secara telaten mempersiapkan beragam acara bagi peserta dan pengunjung Jamnas.

Mulai dari rolling thunder ke beberapa tempat, seperti mengunjungi lokasi Gong Perdamaian, menyeberangi Jembatan Cirahong yang telah berdiri sejak 1853, mengunjungi desa adat Kampung Naga, bakti sosial penanaman pohon, penyebaran benih ikan dan beragam aktifitas positif lainnya.

Belum lagi dari sisi promosi yang cukup gencar dilakukan pihak penyelenggara. Melibatkan sejumlah media massa, baik itu televisi, cetak maupun online, menjadi media partner. Transportasi dan akomodasi pun disiapkan, demi memboyong puluhan jurnalis nasional untuk meliput.

Bahkan ketika beranjak memasuki Kota Tasikmalaya, aura Jamnas terasa semakin kuat. Dengan hadirnya puluhan baliho dan spanduk acara terpampang di sepanjang jalan, menuju lokasi Jamnas yang bertempat di halaman gedung Walikota.

Dengan demikian memang sudah sepantasnya Jamnas VW Indonesia sekarang dikelola secara serius dan profesional. Mengingat sudah puluhan kali dilangsungkan. Tanpa bermaksud membandingkan, lihat saja gelaran Kustomfest Yogyakarta.

Acara yang mengklaim diri sebagai ajang custom culture terbesar di Indonesia. Meski baru beberapa tahun terselenggara, namun telah begitu mendunia. Hingga mampu melibatkan ratusan sponsor serta mendatangkan juri dan tamu mancanegara.

Artinya kini bisa dibilang momen yang tepat bagi komunitas dan club VW di Tanah Air menjadikan ajang Jamnas sebagai event berskala internasional. Apalagi saat ini Ketua Umum VWI dijabat Nanan Soekarna, tokoh yang sangat berpengalaman di dunia otomotif, baik roda empat maupun roda dua.

Adapun ketika bicara event internasional, beberapa hal kiranya bisa lebih dioptimalkan. Seperti pengaturan lay out lokasi acara yang semakin lebih baik, fasilitas kamar kecil dan tempat ibadah yang lebih ditingkatkan.

Tak ketinggalan tentunya, kembali ketika bicara lini promosi dan publikasi, fasilitas kerja untuk insan media seperti press room dengan sejumlah perangkat pendukungnya, perlu diperhatikan. Baik itu press release, jaringan wi-fi, dan kebutuhan lainnya.

Karena ketika jurnalis nasional dan mancanegara hadir, demi mempublikasikan kepada masyarakat segala hal terkait kesuksesan acara Jamnas Volkswagen Indonesia, hendaknya mendapat dukungan maksimal. Sehingga masyarakat luas semakin tahu dan mengenal apa itu Jamnas VW Indonesia. Karena bukankah ada pepatah mengatakan, ‘Tak Kenal Maka Tak Sayang’?

Kedepannya mari kita sama-sama jadikan ajang Jambore Nasional VW Indonesia, sebagai ajang bergengsi kelas dunia. Sehingga nama Indonesia semakin harum di  mancanegara. Pastinya senada dengan semangat 72 tahun perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Bravo Volkswagen Indonesia!

Naskah & Foto : Alun Segoro

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.