Honda Tiger 1994 Jombang, Proyek Mono Arm Custom

0
6252
Single Arm Menjadi Pembeda Dengan 200 cc
sss
Single Arm Menjadi Pembeda Dengan 200 cc
Single Arm Menjadi Pembeda Dengan 200 cc

OtomotifZone – Jombang. Tampang KTM 1290 Super Duke R Protopype Concept Bike memang bikin ngiler penikmat motor modifikasi di Indonesia, tidak terkecuali Randi Ardyansah warga Jombang-Jawa Timur yang kepincut pada konsep yang begaya naked bike tersebut.

Mewujudkan keinginannya tersebut beruntung Randy tinggal di kawasan Jombang yang sangat dekat dengan rumah modifikasi GDZH Custom Cycle, nggak banyak bicara Dana sang juragan bengkel langsung mengerjakan proyek besar tersebut.

“Sebenarnya modifnya sama seperti KTM Stunt yang pernah saya buat dulu, hanya saja kalau yang dulu model 200 cc. Bedanya dengan yang 1000 cc ini bisa dilihat dari single arm yang sangat mencolok,” buka Dana Prasetya sang builder kondang asal Jombang-Jawa Timur.

Sejujurnya kalau swing arm eks limbah moge ditebus sudah jelas bakalan memakan uang yang tidak sedikit, untuk itu Gondezh panggilan akrab Dana mengakalinya dengan menggunakan besi kanal U yang biasanya dipakai untuk bak truk.

Rangka Tubular DIbikin Knock Down
  Rangka Tubular DIbikin Knock Down

“Saya sengaja mengambil 2 besi untuk digabungkan jadi satu, dan hasilnya besi menjadi kotak dan modelnya saya tiru limbah moge,” bilang juragan yang punya 6 orang pekerja di bengkelnya.

Berbeda dengan aslinya, Dana mengganti pelek belakang dengan pelek mobil variasi ring 17 yang mempunyai lebar sekitar 7,5 inch untuk menemani swing arm custom tadi dan disinilah tingkat kesulitannya.

“As roda belakang dibuatkan dengan diameter 4 cm dan panjangnya 12 cm, selain itu bagian kanan dibuatkan plendes untuk lubang 4 baut pelek. Sedangkan yang bagian kiri saya buatkan gigi nanas untuk memasang gir, bagian dalamnya saya beri karet gir bawaan Honda Tiger,” beber modifikator yang membuka bengkel di jalan Gubernur Suryo Jombang ini.

Untuk penghenti laju motor, dibagian belakang dipasangi disk brake yang letaknya berada pada tengah-tengah pelek dan gir. “Setelah plendes ada dudukan untuk disk brake sebelum masuk ke gir belakang,” urainya lengkap.

Penulis: Dana | Foto: Dana

Data Modifikasi :

Ban dpn : Continental, 120/60-17

Ban blkg : Bridgestone, 190/50-17

Pelek dpn : V-Rossi, 3.50 x 17

Pelek blkg : Custom

Sok dpn : Suzuki GSX 750

Sok blkg : YSS Ninja RR

Swing arm : Custom

Knalpot : R9

Modifikator : GDZH-Custom Cycle, Jl. Gubernur Suryo Gg.IV Blok B No 17 Jombang. Tlp. 081803030093

Imola Syndrome